Ticker

6/recent/ticker-posts

Jawab Kebutuhan Masyarakat, Pemda Muna Luncurkan Pemasangan Jaringan Internet Dan Wifi Gratis

Kabar bahagia teruntuk masyarakat Kab. Muna pada beberapa wilayah yang belum memiliki pasokan jaringan telekomunikasi seluler dan internet, kini sudah dapat bernapas lega.

Berkat perjuangan keras Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Muna, wilayah yang selama ini dikeluhkan tidak memiliki jaringan baik telekomunikasi maupun internet, sekarang masyarakat sudah dapat mengakses dua kebutuhan penting tersebut.

Capaian yang menggembirakan ini disampaikan langsung Bupati Muna Drs. Bachrun Labuta, M.Si. usai menghadiri acara di kampus Universitas Karya Persada Muna (UKPM) hari ini, Senin 9 September 2024.

Bachrun mengemukakan bahwa, dirinya berhasil melakukan komunikasi bersama kementerian komunikasi dan informatika (Kominfo) Republik Indonesia dalam rangka memenuhi keinginan masyarakat muna mendapatkan suplai jaringan.

Dua perusahaan yakni PT Angkasa prima teknologi dan PT Mahaga Pratama sudah mulai turun, sebut Bachrun.

Lebih lanjut Bachrun menyampaikan, setidaknya ada 40 titik yang sekarang mulai dikerjakan pada tahap satu ini, bersamaan dengan pemasangan wifi gratis. Empat puluh (40) titik itu diantaranya Sekolah, Kantor Desa, Puskesmas, Kantor kepolisian (Polsek) hingga ditempat-tempat umum. 

Jadi nanti, semua yang berkaitan dengan internet, masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa sudah bisa dengan mudah melaksanakan pembelajaran dan menyelesaikan tugasnya.

Ia juga berpesan, agar masyarakat dapat menikmati jaringan dan wifi gratis ini dengan baik. Jangan di sia-siakan apa yang sudah menjadi niat baik pemerintah, karena wifi gratis ini adalah bagian dari penghematan pengeluaran keluarga, ujar Bachrun.

Kemudian kata Bachrun, Insya Allah setelah tahap satu selesai, akan ada lagi tahap dua. Dirinya langsung menghimbau Kepala Desa, Lurah dan Camat untuk ajukan titik atau lokasi yang tidak memiliki jaringan ke Dinas Kominfo Muna. Itu untuk memudahkan Pemerintah desa, Lurah dan Camat dalam pelaporan, terangnya.

Sementara itu, Kepala dinas Kominfo Muna, Muhammad Haidar, ST. menjelaskan, bahwa bantuan wifi gratis tahap satu ini adalah pintu masuk untuk bisa melahirkan bantuan tahap dua. Nantinya, kita akan sesuaikan lewat usulan Kepala Desa, Lurah dan Camat yang tidak memiliki akses internet. 

Mengenai iuran atau beban biaya, Muhammad Haidar menyatakan gratis. 

Kata Haidar, mulai dari pengadaan, pemasangan, sampai iuran perbulannya semua gratis. Jadi, kita berharap wifi ini diaktifkan 24 jam dan terbuka secara umum. Karena, ini dapat diakses secara bersamaan hingga 50 pengguna dengan jangkauan 50 meter persegi, tuturnya.

Tahap satu sedang berjalan pemasangannya, dan Insya Allah akan rampung dua Minggu kedepan. Bagi lokasi yang sudah terpasang, itu langsung aktif, kata Kepala Dinas Kominfo Muna saat dijumpai diruang kerjanya (Senin, 9 September 2024). "Hasrul"

Posting Komentar

0 Komentar