Ticker

6/recent/ticker-posts

SMKN 1 Muna Barat Bakal Berangkatkan Peserta Didiknya Magang Ke Jepang

SMKN 1 Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara tengah mempersiapkan anak didiknya untuk magang di Jepang.

Setidaknya, ada 10 orang Siswa-siswi SMKN 1 Muna Barat dari berbagai jurusan bakal diberangkatkan dalam waktu dekat. Mereka kini sedang dalam bimbingan dan kursus bahasa Jepang.

Kegiatan ini merupakan Program SMK-Pusat Keunggulan oleh Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbud ristek) tahun 2024, dan SMKN 1 Muna Barat menjadi satu-satunya Sekolah yang lolos pada program tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua panitia kegiatan Rudin Saleh, S.Pd. dihadapan Nusantarainfo.id, Selasa 20 Agustus 2024.

Rudin Saleh menjelaskan, bimbingan dan kursus bahasa Jepang ini didanai langsung oleh Kementerian, dengan jumlah peserta 10 orang. Nanti, setelah mahir bahasa serta mengenali budaya Jepang mereka langsung diberangkatkan.

Kegiatan ini, Sekolah sudah berkerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kizuna Wawonii Indonesia selaku penyelenggara, sambungnya.

Berikut, Kepala SMKN 1 Muna Barat Slamet Yadi yang sedang berada di Lampung, melalui sambungan teleponnya mengatakan, Program SMK- Pusat keunggulan itu kami mengusul awal tahun 2024.

Prosesnya hingga lolos pun tidak mudah, tim Kementerian turun langsung di Sekolah. Alhamdulillah Sekolah kami terpilih dan satu-satunya di Muna Barat.

Ini sebagai wujud eksistensi kami untuk terus mengembangkan bakat peserta didik, tidak hanya sukses di Daerah, juga mampu terjun di luar negeri, ucap Slamet.

Setelah dinyatakan lolos, kami pun pihak Sekolah menyeleksi Siswa-siswi untuk mengisi kuota keberangkatan. Salah satunya, izin dari orang tua peserta didik.

Bimbingan dan kursus bahasa akan berakhir di bulan Oktober 2024 mendatang, setelah itu menunggu jadwal untuk diberangkatkan. Mudah-mudahan semua berjalan lancar, harapnya.

Adapun daftar peserta yang bakal berangkat ke Jepang sebagai berikut: 

  1. Amir 
  2. Ashar Saban
  3. Muh. Royan Azari
  4. Sulfina
  5. Muhammad Aksal
  6. Mujahidin Bahola
  7. Asri Manawan
  8. Mustakim
  9. Ikmal Fauzan Ansari
  10. La Ode Adrian

Laporan: Hasrul

Posting Komentar

0 Komentar