Ticker

6/recent/ticker-posts

Kerajaan Di Indonesia Sudah Ada Saat Nabi Muhammad Lahir! Apa Kerajaan Pertama Di Indonesia!? ⬇️

Sebelum lahirnya Negara Republik Indonesia, Negeri ini merupakan wilayah Kerajaan tersebar diberbagai penjuru.

"Dari seluruh Kerajaan yang ada, Kerajaan Kutai Martapura adalah kerajaan tertua di Indonesia"

Kerajaan Kutai Martapura, didirikan sekitar 400 Masehi. Nama sebenarnya adalah Martapura, bukan Martadipura dan tidak ada tambahan Kutai. Hal ini berdasarkan bukti adanya pernyataan yang tertutukis dalam kitab Salasilah Kutai, dikutip dari detik.com.

Kerajaan Martapura ini dicetuskan oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti, pendiri Kerajaan Kutai Kartanegara. Letak Kerajaan Martapura di hulu Sungai Mahakam, yaitu Muara Kaman. Yang menjadi pendiri dinasti Kerajaan Martapura ialah Aswawarman Putra Kundungga.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW lahir di Kota Makkah pada 12 Rabiulawal 571 Masehi.

Setelah lebih dari satu abad (171 Masehi), peradaban kerajaan di Indonesia berjalan, "barulah Nabi Muhammad lahir yakni 571 Masehi.

Tahun kelahiran Nabi Muhammad sering disebut sebagai Tahun Gajah. Disebut Tahun Gajah lantaran menjelang kelahiran Nabi, ada peristiwa penyerbuan pasukan Raja Abrahah yang menggunakan gajah ingin menghancurkan Ka'bah.

Lahir 571 Masehi, Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi disaat berusia 40 tahun. Berarti sekitar 611 Masehi, Nabi Muhammad resmi menjadi Nabi (Rasul).

Ditahun tersebut, saat usia Nabi Muhammad 40 tahun, sistem kerajaan di Indonesia berarti sudah berjalan selama 211 (2 abad/lebih).

Penulis: Hasrul

Editor: Redaksi


Posting Komentar

0 Komentar