Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Muna Peringati Hardiknas, Tapi Wajah Pendidikan Sekolah Di Muna Masih Tergolong Buruk

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Muna berjalan baik-baik saja.

Pelaksanaan upacara yang dipimpin oleh Plt. Bupati Muna Bachrun Labuta itu selesai tanpa hambatan, walaupun hujan turun. Upacara boleh baik-baik saja, tetapi Kondisi Sekolah yang ada di Muna sedang tidak baik.

Hal tersebut bukan tanpa dasar, Media ini banyak menjumpai Sekolah SD dan SMP di Muna masih minim fasilitas.

Sejatinya, Sekolah adalah wadah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana amanat Undang undang Dasar. Disanalah generasi bangsa digodok untuk meneruskan cita-cita Kemerdekaan Indonesia guna menghadapi tantangan Global dimasa depan.

Di Muna, banyak Sekolah yang gedungnya rusak. Mulai dari kerusakan sedang hingga rusak parah. Itu baru gedung, belum lagi fasilitas didalamnya seperti meja, kursi yang sudah tidak layak pakai namun tetap digunakan. Selain itu, ada juga Sekolah tidak memiliki pagar yang kokoh. Akibatnya, hewan liar dan hewan ternak mudah masuk.

Padahal, Peserta didik seharusnya mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak dan memadai.
Mengapa ini penting, karena untuk mendukung penyerapan proses belajar mengajar antara Guru dan murid/ siswa. Fasilitas pendidikan yang minim dan tidak memadai akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dan konsentrasi peserta didik.

"Lantas siapa yang harus bertanggung jawab?? Tentu jawabannya Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, karena dialah yang memiliki kebijakan tertinggi"

Disamping itu, Dinas Pendidikan Kabupaten harus proaktif turun ke Sekolah-sekolah. Jangan hanya beraktivitas di kantor atau diruang kerja menunggu Kepala Sekolah datang konsultasi. Mestinya turun kelapangan, lihat secara detail apa kekurangan Sekolah.

Mungkin mereka tidak tahu, ada Sekolah yang gedungnya sudah tidak digunakan. Mereka juga tidak tahu, murid dan siswa buang air diluar Sekolah karena tidak ada WC Sekolah yang dapat digunakan. Mereka juga tidak tahu kalau ada Guru dan murid ketakutan bakal runtuh atap dan plafonnya disaat hujan turun disertai angin kencang tengah proses belajar mengajar.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Muna segera melakukan observasi terhadap Sekolah di Muna. "Hasrul Liana"





Posting Komentar

0 Komentar