Ticker

6/recent/ticker-posts

BPN Muna Gelar Rapat Penetapan Lokasi Penataan Akses Reforma Agraria 2024

Kantor Badan Pertanahan Nasional BPN Muna menetapkan lokasi penataan akses reforma agraria tahun 2024.

Rapat yang di gelar pada tanggal 21 Mei 2024 di ruang aula Kantor BPN Muna ini dipimpin langsung Kepala Kantor Muhammad Ali Mustapa. Dikatakannya bahwa, penataan akses reforma agraria adalah kegiatan dengan tujuan peningkatan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Melalui penataan akses reforma agraria, penggunaan atau pemanfaatan tanah menjadi lebih produktif yang disertai dengan dukungan sarana prasarana hingga dapat memperoleh bantuan pemodalan, baik di Bank konvensional maupun bantuan modal dari pemerintah Desa.

Ali menyebut, lokasi kegiatan penataan akses reforma agraria tahap Satu akan dilaksanakan di Desa Wakumoro Kec. Parigi (Muna).

Ditetapkannya di Desa Wakumoro, Ali beralasan bahwa Desa tersebut memiliki potensi hasil perkebunan yang melimpah. Seperti tanaman Nanas. Tidak hanya buah Nanas, Wakumoro punya bidang perkebunan yang luas dan mempunyai banyak komoditas unggulan dan berkualitas di bidang pertanian.

Atas dasar Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, Kegiatan ini diharap dapat membantu warga setempat khususnya pelaku usaha tani Nanas bisa mengolah dan mengembangkan Buah nanas menjadi produk bahan makanan dalam kemasan yang memiliki nilai jual tinggi, urainya.

Sementara itu, rapat tersebut dihadiri oleh Asisten III Pemerintah Daerah Muna, instansi Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Turut hadir perwakilan Bank BRI Kantor Cabang Raha. "Hasrul Liana"

Posting Komentar

0 Komentar