Ticker

6/recent/ticker-posts

Momentum Hari Sumpah Pemuda, SMAN 1 Tongkuno Adakan Upacara Dan Carnaval Budaya

SMAN 1 Tongkuno Kab. Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, hari ini Sabtu 28 Oktober 2023 peringati Hari Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya diperingati tanggal 28 Oktober, sebagai simbol persatuan bangsa. Kegiatan yang berlangsung di SMAN 1 Tongkuno itu tersaji dengan baik, mulai dari upacara hingga carnaval budaya.

Pantauan media ini, peserta upacara mengenakan seragam adat khas Daerah Muna. Pada kesempatan itu, Kepala SMAN 1 Tongkuno Abdul Gafar dalam sambutannya menyampaikan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia".

HSP ke-95 ini bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni yang menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia, hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia secara bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan bangsa.

Abdul Gafar menambahkan, Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong antar generasi dan gotong royong lintas sektor.

Usai upacara, dilanjutkan dengan carnaval budaya dengan menyusuri jalan lingkungan SMAN 1 Tongkuno yang terletak di Wakuru Kec. Tongkuno (Muna).

Menurut Abdul Gafar, hal ini dilakukan sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Bangsa ini akan terus kokoh dengan menyatukan persepsi dari semua kalangan, kemudian Pemuda menjadi ujung tombak dalam mengarungi kemajuan bangsa ini, ucapnya.

Untuk diketahui juga, tiap tahun SMAN 1 Tongkuno selalu menyelenggarakan upacara memperingati HSP. Dari Kepala Sekolah sebelumnya pun sudah dilakukannnya, hanya saja tahun 2023 ini dibawah kepemimpinan Abdul Gafar, peringatan HSP menjadi lebih berwarna dengan merangkaikan carnaval budaya. "Hasrul Liana"

Posting Komentar

0 Komentar