Ticker

6/recent/ticker-posts

Siswi SMAN 1 Napano Kusambi Menangkan Lomba Pidato Bahasa Daerah Muna

Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan lomba Pidato bahasa Daerah Muna pada bulan Agustus 2023 baru-baru ini.

Kegiatan tersebut berdasarkan surat Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara No. 1016/15.19/BS.01.01/2023 pada tanggal 7 Agustus lalu. Berkaitan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara Yusmin menghimbau kepada seluruh KCD Kab/Kota untuk memberitahukan Kepala SMA/SMK agar mengutus peserta didiknya mengikuti lomba dimaksud.

Kegiatan ini telah terselenggara tepat dihari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI Ke-78) tanggal 17 Agustus 2023, melalui pengiriman vidio.

Kemarin, Jumat 25 Agustus 2023 pengumuman lomba Pidato Bahasa Daerah Muna yang dimenangkan oleh Hasri Siswi SMAN 1 Napano Kusambi Kab. Muna Barat. Hasri adalah Siswi kelas XI IPA, berasal dari Desa Lahaji Kec. Napano kusambi. Anak pasangan suami isteri, Amsir dan WA Ode Siti Hasna.

Kepala SMAN 1 Napano Kusambi La Badi, S.Pd., saat jumpai Nusantarainfo.id mengungkapkan, lomba Pidato Bahasa Daerah Muna ini pendaftarannya mulai tanggal 1-15 Agustus 2023.


Sebelum mendaftar, terlebih dahulu kami menyeleksi di internal Sekolah siapa yang pantas mengikuti lomba. Maka terpilih salah satu dari mereka yaitu Hasri, setelah itu kami daftarkan namanya kepada panitia.

Lanjut La Badi, Hasri memiliki persiapan untuk tampil tidak terlalu banyak, mengingat waktu yang sudah mepet ditambah dengan kegiatan lain 17-an yang ia ikuti.

Kami pihak Sekolah sepandai-pandainya mengatur kan waktu untuk Hasri latihan, disamping itu juga mengenai tema pidato.

Pemilihan dan penyusunan tema pidato tidak gampang, apalagi harus menggunakan Bahasa Daerah. Jadi, memang ini punya tantangan tersendiri ditengah kemajuan digitalisasi yang mengikis penggunaan Bahasa Daerah.

Sudah banyak generasi muda kita yang jarang menggunakan Bahasa Daerah nya (Muna), tetapi Alhamdulillah Hasri masih fasih menguasai Bahasa Daerah Muna lewat Pidatonya.

Tema pidato yang dibawakan Hasri yaitu "Damosibhala Wamba Wuna", bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah "Melestarikan Bahasa Daerah Muna" ucap La Badi.

Tentu saja, prestasi ini tidak lepas dari keterlibatan Dewan Guru SMAN 1 Napano Kusambi dalam rangka menyukseskan lomba Pidato Bahasa Daerah Muna tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, bebernya pada Jumat 25 Agustus 2023. "Hasrul Liana"



Posting Komentar

0 Komentar