Ticker

6/recent/ticker-posts

SMPN 2 Maginti Gelar Pertunjukan Seni Dan Karya Inovasi

Pertujukan Seni dan hasil karya inovatif SMPN 2 Maginti Kab. Muna Barat Prov. Sulawesi Tenggara berlangsung meriah.
Acara yang diselenggarakan dihalaman upacara SMPN 2 Maginti disaksikan langsung oleh unsur pimpinan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kab. Muna Barat, pada Sabtu 13 mei 2023.

Kepala SMPN 2 Maginti Hasrun menyebutkan, kegiatan ini berkaitan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar pancasila (P5) dengan tema menggali jiwa kreatifitas dan inovasi siswa SMPN 2 Maginti sebagai implementasi kurikulum merdeka.

Sekolah kami, SMPN 2 Maginti adalah sebagai salah satu Sekolah didaerah ini yg sudah menerapkan program kurikulum merdeka. Dalam penerapan kurikulum merdeka, lebih menekankan strategi pembelajaran berbasis proyek. Artinya, peserta didik setelah menerima materi teori kemudian menerapkannya melalui proyek untuk dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yg sudah diajarkan.

Proyek dimaksud dalam kurikulum merdeka di kenal dengan istilah, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau biasa di singkat P5. Proyek ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yg bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME), berkhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berwawasan global dan gotong royong. 

Selain itu, peserta didik juga dibina mentalnya agar memilik jiwa kreatif, inovatif dalam menuangkan ide dan gagasannya berdasarkan nilai-nilai budaya daerah dengan tetap berlandaskan pada budaya bangsa.

Dalam sambutannya, Hasrun menyampaikan pula bahwa SMPN 2 Maginti saat ini seiring waktu kemajuannya pesat. SMPN 2 Maginti yang tadinya Sekolah Satap (Satu Atap) sekarang tidak lagi, kedudukannya sejajar dengan SMPN lainnya yang ada di Indonesia khususnya di Kab. Muna Barat.

Selain itu, pencapaian berikutnya adalah meningkatnya jumlah peserta didik dari tahun ke tahun. Tentu saja bukan hanya atas nama saya pribadi selaku Kepala Sekolah, melainkan peran serta guru-guru SMPN 2 Maginti sehingga masyarakat berminat untuk menyekolahkan anaknya disini.

Berikutnya ialah, perkembangan infrastruktur yang berangsur memadai. Mulai dari penambahan ruang RKB dan juga kantor, hal itu tentu saja atas dukungan serta kepedulian pemerintah Kab. Muna Barat melalui Dikbud sehingga sekolah ini mendapatkan sentuhan pembangunan.

Melalui kesempatan ini saya ingin mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua pihak yang terlibat dalam kemajuan Sekolah ini. Meski masih ada kebutuhan, insya Allah kedepan bisa lebih baik lagi, tutur Hasrun.

Sementara itu, Ketua panitia terselenggaranya kegiatan hari ini adalah Noho, S.Pd. Dirinya mengatakan, kegiatan ini ada 3 tema yaitu;

Pertama, tema tentang gaya hidup yang berkelanjutan. Bentuk kegiatannya berupa budidaya tanaman sayuran dengan menggunakan media tanpa tanah (Hydroponik), jenis tanamannya adalah sawi dan seledri.

Kedua, Market day. Tema ini berhubungan dengan pemasararan produk (Sales marketing), dengan target masyarakat dan lembaga pemerintahan se- kecamatan Maginti.

Ketiga, Promosi antar Sekolah, SMPN 2 Maginti mengunjungi Sekolah semua tingkatan di Kec. Maginti atas produk dan kreatifitas peserta didik.

Acara tersebut berlangsung sangat meriah ditonton banyak masyarakat wilayah Maginti dengan menampilkan pertunjukan semapor, tarian wonderfull, pidato bahasa inggris dan pidato bahasa Indonesia terjemahan dari pidato bahasa Inggris.

Posting Komentar

0 Komentar