Ticker

6/recent/ticker-posts

SMK Kelautan Dan Perikanan Raha Gelar Acara Wisuda, Halisi: Gaji 600 Dolar Didepan Mata

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelautan dan Perikanan Raha menggelar acara wisuda peserta didiknya tahun ajaran 2022/2023 hari ini, Senin 8 Mey 2023.
Sebanyak 76 orang peserta wisudawan-wisudawati pada hari ini resmi menjadi alumni SMK Kelautan dan Perikanan Raha, setelah mengemban pendidikan 3 tahun lamanya.

Sekolah yang beralamat di jalan poros pasar laino (Raha) Kab. Muna Provinsi Sulawesi Tenggara ini, sudah banyak mencetak generasi yang berhasil hingga memiliki penghasilan yang fantastis. Tidak hanya bekerja didalam negeri, alumninya juga ada yang bekerja diluar negeri.

La Halisi, S.Ps., M.Pd., adalah Kepala SMK Kelautan dan Perikanan Raha, ditangan dinginnyalah Sekolah ini berkembang pesat. Fasilitas infrastruktur yang mulai memadai seperti gedung proses pembelajaran serta alat pendukungnya, ada pula mesjid (tempat ibadah) diareal Sekolah.

Acara wisuda yang berlangsung di gedung aula SMK KP ini disaksikan oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulawesi Tenggara Yamir, S.Pd., atau yang mewakili, pengawas Manajerial SMK Kab. Muna dan orang tua siswa (peserta wisuda).

La Halisi dalam sambutannya mengungkapkan, harusnya peserta wisuda hari ini berjumlah 136 orang. Namun karena kurangnya keseriusan belajar berujung putus Sekolah, akhirnya tersisa 76 orang saja.

Putus Sekolah merupakan kerugian yang besar, sebab dengan bersekolah disini sampai tamat itu dijamin langsung kerja. Sudah banyak alumni yang sukses, berpenghasilan besar dan mengangkat derajat keluarganya. Ada yang sudah dikontrak oleh perusahaan pelayaran luar negeri, maupun dalam negeri.

Tidak main-main, gajinya itu mencapai 600 dolar. Kalau dirupiakan senilai 9 juta rupiah perbulan, itu bagi mereka yang sungguh-sungguh belajar. Jadi, bagi orang tua siswa diharap untuk terus mengawal anaknya yang Sekolah disini sampai selesai.

Halisi melanjutkan, jangan ragu jaminan kerja alumni SMK Kelautan dan Perikanan Raha. Kita sudah punya kerja sama dengan perusahaan-perusahaan pelayaran, luar dan dalam negeri.

Lulus dari sini, langsung dikontrak dan berlayar. Anda bisa lihat Mesjid yang sedang dibangun oleh para alumni, itu merupakan bukti bahwa mereka sudah memiliki banyak uang dengan menyisihkan sebahagian gajinya dijalan Allah.

Tidak berat Sekolah disini, iuran SPP nya hanya 50 ribu per bulan dan uang pangkalnya hanya 1,5 juta rupiah selama 3 tahun. Uang pangkal kami beri keringanan, bisa diangsur untuk berapa kali pembayaran, ucapnya.

Kemudian, berikutnya akan saya sampaikan hal penting bahwasannya SMK Kelautan dan Perikanan Raha memiliki jenjang Diklat yang bersertifikasi. Siswa yang lulus akan mendapatkan sertifikat pelaut, bila mengikuti Diklat. Karena, Sertifikasi ini menjadi syarat mutlak untuk menjadi pelaut.

Seperti misalnya, mahasiswa kedokteran begitu lulus tidak langsung menjadi dokter, harus mengikuti Koas (Co- Assistant). Seperti juga mahasiswa fakultas hukum, setelah tamat tidak langsung menjadi pengacara melainkan harus mengikuti pendidikan pengacara. Nah, untuk itu SMK Kelautan dan Perikanan Raha memberikan peluang untuk ikut Diklat kepelautan di sini, kata Halisi.






Posting Komentar

0 Komentar