Ticker

6/recent/ticker-posts

Pertajam Skill Dan Keahlian, SMKS KP Raha Adakan Diklat

"SMKS Kelautan dan Perikanan Raha adakan kegiatan Diklat bagi taruna dalam rangka persiapan untuk menjadi pelaut handal yang berorientasi Global"

Melalui Kepala SMKS Kelautan dan Perikanan Raha La Halisi, S.Pd., M.Pd., mengemukakan, Diklat taruna ini berkerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Tujuannya, agar para taruna benar-benar mahir dibidangnya, menguasai ilmu kepelautan dan pelayaran yang berwawasan global. Diklat ini meliputi tiga bidang yakni, Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF) dan Security Awareness Training (SAT).

Ketiga bidang Diklat tersebut adalah Persyaratan dasar bagi setiap calon Pelaut untuk Memiliki Sertifikat izin layar berupa Buku Pelaut (Sailor Book) yang Diterbitkan Langsung Oleh Kementerian Perhubungan yang berlaku Internasional.

Halisi juga menyebutkan, kegiatan ini bukan pertama kali. Ini untuk kali ke 7, sejak tahun 2018 silam. Diklat ini, setidaknya telah diikuti lebih dari 500 orang. Peserta dibekali tekhnik dan tata cara Penyelamatan Diri, dalam menghadapi setiap musibah yang sewaktu-waktu terjadi dalam pelayaran.

Teknik penyelamatan ini meliputi, Pemadaman Kebakaran, Teknik memberikan pertolongan medis dan Teknik meninggalkan kapal, kata Halisi (24/5/2023).

Kegiatan kali ini diikuti 44 orang dan akan berlangsung selama 2 mingu atau mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 4 Juni 2023, berpusat di SMKS KP Raha yang beralamat jalan poros pasar laino (Raha).

Sedangkan, utusan PIP Makassar Syamsu Alam, ST.MM.M.Mar.E mengucapkan kekagumannya atas fasilitas Diklat yang tersedia di SMK Kelautan Raha.

Luar Biasa, Fasilitas Diklat yang tersedia cukup lengkap dan memadai. Peralatan pemadam kebakarannya lengkap, area kolam untuk praktek tatacara meninggalkan kapal juga ada. Apalagi bangunan simulasi pemadam kebakaran (Smocke Chamber) ini sudah standar internasional, paparnya.

Posting Komentar

0 Komentar