Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengurus Kerukunan Keluarga Labora Dikukuhkan, Periode 2022-2027

Kerukunan Keluarga Labora (KKL) dikukuhkan hari ini, Minggu 21 Mei 2023.

Harlin Barisala, dinyatakan sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Labora (KKL) Prov. Sulawesi Tenggara. Harlin Barisala berserta pengurus KKL, dikukuhkan langsung oleh Bupati Muna LM. Rusman Emba yang diwakili Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta untuk masa bakti 2022-2027.
Acara pengukuhan pengurus KKL berlangsung megah dan meriah, di gedung Sor La Ode Pandu Kab. Muna dijalan bypass Raha. Setelah pengukuhan, Ketua KKL Harlin Barisala memberikan sambutan dan penjelasan singkat apa itu Labora!?
Labora adalah suatu wilayah satu kesatuan Kab. Muna, sebuah tempat dimasa lampau hidup rukun masyarakat hingga bercocok tanam didalamnya. Masyarakat Labora merupakan penduduk asli Kab. Muna, wilayahnya berada tepat dibelahan Kec. Tongkuno.

Berangsur waktu berjalan, kampung Labora penduduknya berpindah tempat. Bermukim diberbagai wilayah, karena kesulitan air dan akses pusat pemerintahan Kab. Muna terbilang sangat jauh kala itu. 

Labora bukan hanya sekedar tempat, bukan berupa nama saja, tetapi Labora merupakan warisan budaya leluhur yang sejak lama memberikan kontribusi untuk perkembangan Kab. Muna. Labora ialah suku bangsa utuh Kab. Muna yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, adat istiadat dan agama.

Dulu dan sekarang , masyarakat Labora telah banyak mendedikasikan ilmunya, tenaganya, demi tanah air tercinta (Indonesia) Khususnya Kab. Muna dan Sulawesi Tenggara. Seterusnya yang tidak terbatas waktu, Labora akan terus mendorong kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti dalam falsafah nya, "Ihintumo Inodimo, Inodimo Ihintumo dua" artinya; engkau adalah saya dan saya adalah engkau juga".

Demikian uraian yang disampaikan Harlin Barisala, dihadapan tamu undangan dan segenap masyarakat Labora yang hadir dengan perkiraan lebih dari 1000 orang memadati Sor La Ode Pandu.

Pada acara tersebut, tamu undangan yang dapat disebutkan antara lain; Wakil Bupati Muna, Ketua DPRD Kab. Muna, Forkopinda lingkup Kab. Muna dan OPD lingkup Kab. Muna. Hadir pula Bupati Kab. Konawe Utara (SULTRA) Ruksamin, selaku Ketua Seni Budaya Nusantara (KSBN) wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rangkayan acara tersebut dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.30 WITA, menampilkan ragam pertunjukan seni dan budaya asli Masyarakat Labora. Yakni, memamerkan karya seni Bosu yang terbuat dari tanah liat, tari Pogala dan tari Bosu. Bosu itu sendiri adalah tempat air, sebelum adanya ember.


Diakhir sambutannya, Harlin Barisala menyatakan komitmen KKL untuk menyongsong kemajuan Daerah Prov. Sulawesi Tenggara khusunya Kab. Muna disemua lini sektor yang berbudaya dan beradab.



Posting Komentar

0 Komentar