Ticker

6/recent/ticker-posts

Balai POM Kendari Sosialisasi Di Muna

Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Kendari Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Muna.
Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Raha Kab. Muna Prov. Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh seluruh Sekolah semua tingkatan se- Kab. Muna selama dua hari, tanggal 3-4 Mey 2023.

Hari pertama kegiatan, dibuka langsung Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kab. Muna Samaul Bait. Samaul mengucap terimkasih dan mengapresiasi, langkah Badan POM Kendari yang sudah bersedia bersosialisasi di Muna.

Menurutnya, kegiatan ini sangatlah penting bagi lembaga pendidikan terhadap anak-anak didik yang rutin jajan. Kita tidak bisa pungkiri, anak Sekolah dan Jajan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan, entah itu jajan makanan pokok maupun makanan ringan, kata Samaul.

Sehingga, melalui kegiatan ini Guru dan Murid/Siswa dapat mengetahui batasan dan hal-hal mengenai jajanan yang wajar dan baik untuk kesehatan, sambungnya.

Setelah Plt. Kadis Dikbud Muna, Plt.Kepala Balai POM Kendari Wahyuddin Muis, S.Si,Apt.,M.Sc. menjelaskan, Sosialisasi ini memang menjadi tugas Balai POM. Seringkali kita mendengar bahkan menyaksikan secara langsung, mengenai dampak jajan kepada anak-anak kita.

Kasusnya berbagai macam, ada yang ringan hingga berat sampai masuk rumah sakit. Kita mengakui, tidaklah mungkin mencegah anak untuk tidak jajan. Tetapi, sebisa mungkin kita kontrol tingkat keseringan dan kewaspadaan atas jajajan mana yang kerap dikonsumsi. 

Sekolah masing-masing memiliki kantin, seyogyanya memastikan setiap kantin, apakah dagangannya itu baik untuk kesehatan, atau layak untuk dikonsumsi apa tidak, papar Wahyuddin Muis.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Raha Jamaluddin Safani selaku tuan rumah sosialisasi Balai POM Kendari menuturkan, dari jauh hari kami pihak Sekolah sudah mewanti-wanti peserta didik dan penjual dikantin untuk tidak berbelanja secara bebas, demikian pula penjual, kami sampaikan untuk tidak menjual makanan dan minuman yang mengandung pengawet.

Tidak hanya cukup dengan himbauan itu, kami sudah melibatkan instansi terkait yakni Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Katobu untuk memeriksa makanan dan minuman di kantin Sekolah. Alhamdulillah, sampai hari ini semuanya bejalan baik-baik saja, pungkas Jumadil Safani saat dijumpai Nusantarainfo.id, pada Kamis 4 Mey 2023.

Posting Komentar

0 Komentar