Ticker

6/recent/ticker-posts

Wa Ode Hamida, Sosok Yang Memajukan SMAN 1 Napano Kusambi! Simak

 

SMAN 1 Napano Kusambi Kab. Muna Barat Prov. Sulawesi Tenggara seiring waktu berkembang, tidak lepas dari peran dan kerja keras sosok wanita hebat selaku Kepala Sekolah.

"Dia adalah Wa Ode Hamida, S.Pd., Kepala SMAN 1 Napano Kusambi, diberi kepercayaan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Prov. Sulawesi Tenggara sejak Maret tahun 2021."

Walau dirinya telah lama tinggal di Muna Barat, tetapi baginya Napano Kusambi ialah wilayah yang belum dipahaminya baik secara struktur kelembagaan, kultur sosial, dan kebiasaan masyarakat disana. Namun, namanya tugas dirinya harus mampu menjalankannya.

"Wa Ode Hamida Kepada Nusantarainfo.id bercerita, pertama kali sampai di Sekolah ini saya mengadakan rapat internal Sekolah bersama dewan Guru. Menanyakan sejauh mana Sekolah ini dalam perjalanannya, karena merekalah yang lebih memahami kondisi Sekolah yang sudah lebih duluan ada dibanding saya."

Masing-masing Guru menyampaikan, dan satu hal yang membuat saya terkesimak yaitu Sekolah ini tiap tahun ajaran baru mengalami penurunan daya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.

Tanpa panjang lebar, itu yang menjadi agenda utama saya yakni meningkatkan kapasitas jumlah peserta didik. Memasuki bulan April 2021, dimana kurang dari dua bulan lagi penerimaan Siswa baru tahun ajaran 2021/2022 atau dikenal dengan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) akan dimulai.

"Tidak berlama-lama waktu, saya melibatkan semua Guru untuk bersama-sama turun dimasyarakat mensosialisasikan Sekolah ini. Mengunjungi semua Sekolah pendukung (SMP/Madrasah) yang ada di Kec. Napano Kusambi, dalam rangka memberikan pemahaman bahwasannya Sekolah di wilayah sendiri itu jauh lebih baik."

Setelah sosialisasi di Sekolah pendukung, juga turun langsung dimasyarakat, siapa saja yang punya anak akan melanjutkan pendidikan di SMA, SMAN 1 Napano Kusambi pilihannya.

"Alhamdulillah, pada saat PPDB tahun ajaran 2021/2022 jumlah Siswa yang masuk mengalami peningkatan. Kemudian, tahun berikutnya tahun ajaran 2022/2023 kembali meningkat signifikan. Selama saya bertugas disini, saya akan terus berupaya agar Sekolah ini bisa maju."

Bukan hanya jumlah peserta didik yang meningkat, tetapi ada pula prestasi yang sudah kami capai baik itu kegiatan intra Sekolah maupun Ekstrakurikuler. Desember tahun 2022 lalu, Sekolah ini mengutus satu peserta kegiatan Pramuka Nasional di Jakarta.

Terakhir saya ingin mengucapkan terimakasih atas semua pihak, terutama Guru dan tokoh-tokoh masyarakat yang ikut terlibat dalam menyongsong maju dan berkembangnya SMAN 1 Napano Kusambi. Saya berharap kebersamaan dan kekompakan ini akan terus berlanjut tanpa terbatas waktu, ungkap Wa Ode Hamida (Senin, 13 Maret 2023).

Posting Komentar

0 Komentar