Ticker

6/recent/ticker-posts

UKK SMKN 3 Muna, Beragam Profesi Ada Disini

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMKN 3 Muna Prov. Sulawesi Tenggara menampilkan ragam keterampilan berdasarkan masing-masing jurusan.

Setidaknya, ada empat jurusan di Sekolah ini yaitu; Jurusan Tata Boga, Busana, Perhotelan dan Tata rias/kecantikan. Memang, saat ini seluruh SMK baik Negeri maupun Swasta tengah melaksanakan UKK sebagai puncak dari kurikulum pendidikan SMK.

Tiap SMK tentu memiliki jurusan yang berbeda-beda, hal itu sebagai upaya menciptakan keterampilan anak bangsa sesuai dengan apa yang diinginkannya. SMK 3 Muna misalnya, semua jurusan di Sekolah ini menjadikan kita kagum. Pasalnya, anak yang masih terbilang sangat muda sudah memiliki keterampilan mahir.

Setelah beberapa saat bincang-bincang dengan Kepala SMKN 3 Muna Hasan, S.Pd. M.Sc., Bapak Kepsek mengajak Nusantarainfo.id susuri semua ruangan tempat UKK peserta didiknya. Pertama yang dikunjungi ialah jurusan Tata Rias dan Kecantikan, disinilah para siswa-siswi melaksanakan praktek kerja.

Ditunjang dengan segala peralatan dan fasilitas lengkap, membuat anak-anak muda serta siapapun pengunjung serasa seperti sedang berada disalon kelas modern. Skill mereka sudah tidak diragukan lagi, layaknya tenaga kerja yang sudah profesional.

Berikutnya jurusan Perhotelan, jurusan ini menampilkan keahlian manajemen perhotelan, mulai dari resepsionis hingga penataan ruang kamar inap. Ruang kamar inap sendiri kompetensinya meliputi;

1. Standard Room.

2. Superior Room.

3. Deluxe Room.

4. Junior Suite Room.

5. Suite Room.

6. Presidential Suite.

7. Single Room.

8. Twin Room.

Setelah itu, jurusan Tata busana dan Boga. Dua jurusan ini trampil didesain busana dan masak memasak, semua dengan fasilitas dan peralatan yang lengkap yang di uji langsung oleh penguji Eksternal dari kota Kendari (Pemilik Butik) dan Rumah makan.

Kepala SMKN 3 Muna Hasan mengatakan, Saya selaku Kepala Sekolah beserta Guru bertanggung jawab penuh keberhasilan peserta didik kami. Kami memberikan seluruh kemapuan yang kami miliki demi masa depan mereka, waktu dan energi kami curahkan secara maksimal. Apa yang mereka butuhkan untuk membentuk keahlian mereka kami penuhi.

Alhamdulillah, SMKN 3 Muna sudah menjalin hubungan kerjasama dengan banyak industri atau tempat usaha. Setiap yang lulus dari sini, mereka langsung dipekerjakan. Tidak main-main, gaji yang ditawarkan setara dengan UMR 2-3 juta rupiah, tutup Hasan. Kamis, 16 Maret 2023.


Posting Komentar

0 Komentar