Ticker

6/recent/ticker-posts

Takjub!! UKK SMKN 1 Muna Bikin Geleng-geleng Kepala, Lihat;

Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1 Muna (Raha) Prov. Sulawesi Tenggara melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) terhadap peserta didik kelas XII.

Kegiatan UKK dilaksanakan selama satu Minggu, yakni tanggal 13 sampai dengan tanggal 18 Maret 2023. UKK merupakan kurikulum pembelajaran khusus SMK Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia.

Di SMKN 1 Muna, ada empat jurusan yang diujiankan yaitu;

1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 

Jurusan ini ruang lingkupnya meliputi, bidang administrasi lembaga pemerintahan dan industri dan ahli dalam pengelolaan atau manajemen keuangan. Peserta ujian tidak hanya diuji oleh Guru Sekolah, melainkan didatangkan pula dari lembaga luar seperti Perbankan dan kali ini penguji Eksternal nya dari Bank BPD Muna.

2. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Jurusan yang kedua ini mencakup tata tertib pengelolaan administrasi dan surat menyurat perkantoran, misalnya ada surat masuk atau surat keluar diregistrasi dan didata kersipannya. OTKP diuji langsung oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) cabang Kab. Muna.

3. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Jurusan yang satu ini terkait dengan pasar, yaitu bagaimana memahami metode memasarkan suatu produk jualan atau dagangan atau dikenal dengan sales marketing. Urusan bisnis dan pemasarannya merekalah ahlinya, penguji Eksternal dalam jurusan ini adalah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Muna.

4. Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan ini boleh dibilang jurusan pemuncak, sebab TKJ adalah bagian penting dalam setiap pekerjaan, mau mengerjakan apa-apa harus berhubungan dengan komputer. Semua peserta didik harus mampu menguasai dasar-dasar penggunaan komputer, bahkan perangkatnya secara utuh harus dikuasai.

Tidak hanya itu, TKJ dapat membuat sistem jaringan sendiri misalnya menghubungkan satu perangkat ke perangkat yang lain. TKJ juga bisa memainkan sistem perbaikan dan pemblokiran situs atau aplikasi yang tidak bernilai positif. Jurusan TKJ diuji langsung oleh Toko Jay Komputer Raha.

Demikian urayan jelas jurusan SMKN 1 Muna yang dijelaskan langsung oleh Ketua Panitia UKK La Hamidi, S.Pd., kepada Nusantarainfo.id (Selasa, 14 Maret 2023).

"Setelah menyusuri tiap kelas UKK, Nusantarainfo.id menjumpai Kepala SMKN 1 Muna Masrawati, SE. diruang kerjanya. Dikatakannya bahwa, UKK ini memang sudah menjadi inti pokok dari akhir pembelajaran SMK. Materi ujiannya pun bukan Sekolah yang buat, melainkan dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi."

Jadi, apa yang sudah dipelajari selama lebih dari dua tahun sejak duduk dikelas X, saat inilah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan peserta didik dalam menimba ilmu disekolah. Kami sudah memberikan bimbingan pelajaran, mulai dari teori hingga praktek, disekolah maupun praktek kerja lapangan (PKL).

"Secara prinsip, SMK punya motto "Siap Kerja" sehingga pembelajaran itu memang tidak main-main. Karena, tanpa harus lanjut kuliah mereka sudah bisa bekerja di instansi dan industri. SMKN 1 Muna sudah terjalin hubungan kerjasama dengan beberapa lembaga dan industri di Sulawesi Tenggara, sudah banyak alumni yang bekerja dan punya usaha sendiri."

SMK memang solusi bagi masyarakat yang taraf ekonominya sangat standar, kalau ada kemampuan untuk kuliah ya lebih bagus lagi. Tetapi, kalau tidak ada kemampuan biaya untuk lanjut Sekolah (Kuliah) tamatan SMK dijamin bisa langsung terjun di dunia kerja dan mereka pasti diterima, turur Masrawati.

Sehingga kami senantiasa menyampaikan kepada peserta didik untuk serius belajar, ini adalah modal masa depan. Lulus di SMK itu tidak ada istilah nganggur, sebab keterampilan sudah dimiliki, ungkapnya.


Posting Komentar

0 Komentar