Ticker

6/recent/ticker-posts

MusrembangDes Lakologou Hasilkan Lima Kesepakatan

Desa Lakologou Kec. Tongkuno Kab. Muna (Sultra) adakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa MusrembangDes, hari ini Selasa 14 Maret 2023.
MusrembangDes Lakologou membahas sejumlah agenda, diantaranya; penyusunan rancangan RKPDes tahun 2023-2028 dan penyusunan rancangan RPJMDes tahun 2023-2028. Berdasarkan kebutuhan Desa dan usulan masyarakat, ada 7 poin penting yang menjadi sasaran pada MusrbangDes tahun 2023 meliputi;

1. Melanjutkan pembangunan pasar Desa 

 2. Pembangunan gedung Sekolah 

3. Pengadaan tandon air

4. Pengadaan mesin alkon

5. Pelatihan memandikan jenazah

6. Pembangunan Wc 

7. Perbaikan dueker 

"Kepala Desa Lakologou La Ode Muh. Agus S. Sos. dalam sambutannya dikantor balai pertemuan Desa Lakologou mengungkapkan, MusrembangDes merupakan agenda penting dalam rangka menyongsong pembangunan Desa yang sifatnya prioritas dan berkelanjutan. Kita sudah memiliki beberapa poin berdasarkan pengamatan situasi dan kondisi Desa, serta aspirasi masyarakat."

Bahkan, bila kita mau jujur ada banyak hal yang perlu kita benahi dan bangun di Desa Lakologou ini. Hanya saja, kita mesti menyadari bahwa kita harus sesuikan dengan postur anggraran Dana Desa (DD) yang mustahil mampu memenuhi kebutuhan Desa dalam kurun waktu satu tahun.

"Oleh karena itu, kita akan mengutamakan apa yang lebih prioritas untuk Desa dan masyarakat. Masih ada tahun-tahun berikut untuk menjawab kebutuhan Desa kita, yang terpenting ialah mari kita saling bahu membahu membangun Desa Lakologou, ucap Agus."

Dalam MusrbangDes tersebut menghasilkan lima poin yang disepakati, sedangkan dua lainnya yakni pembangunan Wc dan perbaikan dueker akan di laksanakan apabila masih mencukupi anggaran, kalaupun tidak berarti akan terealisasi ditahun berikutnya, kata Agus.

"Camat Tongkuno Arif Wau S. Si., yang turut hadir dalam MusrembangDes Lakologou menuturkan, saya hanya ingin menyampaikan bahwasannya Home industri harus di hidupkan. Mensinergikan Program Pemerintah Daerah Kab. Muna, melalui pembentukan kelompok tani untuk ketahanan pangan."

Berikutnya tentang kinerja aparat Desa, saya menghimbau agar semua stack holder didesa untuk bekerja maksimal, disiplin dan selalu standby dikantor. Agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan direspon cepat, tandasnya.

"Selain camat, hadir pula Kepala Puskesmas (Kapus) Tongkuno Wa Tuhu, S. St., dihadapan masyarakat dirinya menyatakan, dikesempatan ini melalui MusrembangDes saya hanya ingin partisipasi masyarakat dalam menekan Stunting. Penanganan stunting sudah menjadi agenda Nasional, di Lakologou ini angka stunting kita cukup naik, yang tadinya di idap dua orang sekarang sudah menjadi tiga orang."

Stunting ini masalah serius, karena berdampak pada menghambat pertumbuhan fisik dan otak anak. Olehnya itu, saya sangat berharap kepada semua orang tua untuk bersama-sama terlibat penanganan stunting, ada masalah apa dan ingin konsultasi apa, kami selalu terbuka di Puskesmas.

"Kalau soal Posyandu, saya mengakui dan mengacungi jempol Desa Lakologou paling banyak hadir. Mengalahkan Desa lain di Kec. Tongkuno, saya apresiasi, tapi tolong mengenai stunting perlu diwaspadai, pungkas Wa Tuhu."

Pantauan Nusantarainfo.id, MusrembangDes Lakologou pada Selasa 14 Maret 2023 berjalan dengan tenang dan kondusif, hal itu tidak lepas dari keterlibatan unsur TNI/Polri wilayah Tongkuno yang ikut hadir menyaksikan jalannya kegiatan.

Posting Komentar

0 Komentar