Ticker

6/recent/ticker-posts

Sukseskan GEMAPATAS, BPN Muna Masifkan Sosialisasi Dan Edukasi

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab. Muna Prov. Sulawesi Tenggara tengah serius memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam urusan pertanahan.

Sampai hari ini, Menjelang Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan TAnda Batas (GEMAPATAS) yang akan diselenggarakan pada 3 February 2023, BPN Muna terus melakukan sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat mengenai urgensinya pemasangan tanda batas tanah.

"Kepala Kantor BPN Kab. Muna (Sultra) Muh. Ali Mustapah, S.SiT.,M.P.W.K. menjelaskan, GEMAPATAS ini merupakan agenda Nasional yang akan dicanangan oleh Menteri ATR/BPN pada tanggal 3 February 2023 dengan maksud dan tujuan yakni memberikan edukasi dan menggerakan masyarakat dalam memasang dan memelihara tanda batas tanah yang dimilikinya."

Sengketa/konflik yang masuk di loket aduan kami itu rata-rata sengketa batas, bahkan sudah ada yang masuk ranah pengadilan, untuk itu kami harap kepada pemilik tanah khususnya di Kabupaten Muna tergerak dan berupaya mengamankan asetnya dengan memasang patok tanda batas-batas tanah yang diolahnya, guna meminimalisir potensi konflik pertanahan dikemudian hari, ungkapnya (rabu.1/02/2023)

Selain Pengamanan aset tanda batas tanah ini juga dapat menghidari dan memutus rantai mafia tanah, memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan dalam mengukur dan memetakan tanah. Jadi, pasang patok itu gampang karena bisa dilakukan sendiri yang bahanya bisa dari kayu keras, besi, pipa paralon atau beton, sambungnya.

"Sementara itu, Kepala Seksi Survey dan Pemetaan BPN Muna Agus, S.ST. menambahkan, bahwa BPN Muna pada pencanangan ini target sebanyak 500 patok yang akan dipasang. Jumlah tersebut, kosentrasi pemasangannya di Desa Lasunapa Kec. Duruka. Ya, pada tanggal 3 February nanti bersama-sama masyarakat dan BPN Muna akan turun lokasi pemasangan patok batas tanah."

Untuk diketahui, pencanangan GEMAPATAS akan berlangsung pada tanggal 3 Februari 2023 dengan mengusung tema "Sejuta Patok Batas Tanah Untuk Indonesia" Pasang Patok Tanah Anda "Anti Cekcok, Anti Caplok"

Posting Komentar

0 Komentar