Ticker

6/recent/ticker-posts

Menakar Peluang Dua Figur Ini, Pilkada Muna 2024

 

Ket; LM. Raji'un Tumada (Baju Kotak-kotak), LM. Ikhsan Taufik Ridwan (Baju Putih)

Sobat Nusantarainfo.id, dikesempatan ini kita akan ulas peta politik lokal dan meneropong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna tahun 2024 mendatang.

"Diawal tahun 2023 ini isu politik masih terbilang adem ayem, hembus angin bertiup masih sepoi-sepoi. Meski begitu bukan berarti tidak menegangkan, tentu saja bagi mereka yang figuran pasti tidak baik-baik saja. Ketegangan sudah dimulai, sebab waktu kian mendekat."

Sebelum kepokok utama, sejenak kita merefleksi kebelakang yakni tahun 2020. Ya, ditahun tersebut Pilakda Muna digelar dengan hanya dua pasangan calon (Paslon) yaitu Rajiun-La Pili dan Rusman-Bahrun. Ketika itu Rusman selaku Bupati petahana, sedangkan Rajiun merupakan penantang yang rela melepas jabatannya sebagai Bupati Muna Barat dengan sisa waktu menjabat dua tahun lagi.

Pilkada Muna kemudian digelar dan dimenangkan oleh pasangan L.M. Rusman Emba-Bahrun, dengan raihan suara sebanyak 64.221 suara atau 53,4 persen. Sehingga Rusman Emba menjabat Bupati Muna 2 Periode yang saat ini sedang berjalan.

Baik, sekarang kita menuju Pilkada Muna tahun 2024. Rajiun Tumada sejak kalah di Pilkada 2020, banyak disebut bakal jalan mulus di Pilkada berikutnya (2024). Bukan tanpa alasan, Rajiun berhasil memperoleh suara disaat itu sebanyak 56.008 atau 46,6 persen. Angka inilah, dianggap sebagai angka dasar untuk putaran berikutnya.

Dua tahun belakangan, kita masih belum melihat figur kuat yang bisa menyeimbangi kekuatan Rajiun. Bahkan, pendapat itu pun tidak jarang diungkapkan baik dari simpatisan Rajiun hingga lawan politiknya.

Ummm lantas benarkah Rajiun tidak ada lawan sepadan!? Pertanyaan ini akhirnya terjawab bulan Januari lalu 2023. Secara mengejutkan dan tidak terbayang oleh siapapun, LM. Ikhsan Taufik Ridwan didorong oleh Partai Golkar Kab. Muna melalui Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) untuk bertarung Pilkada 2024 nanti.

"Ikhsan Taufik adalah anak dari Ridwan Bae, mantan Bupati Muna 2 Periode dan anggota DPR RI aktif. Kemunculan Ikhsan, lumayan menggemparkan jagat Muna. Pasalnya, Ikhsan dibayangi oleh ketokohan Bapaknya (Ridwan). Belum lagi, Bupati Muna (Rusman Emba) merupakan sepupunya sendiri."

Menariknya, Rajiun dan Ikhsan bakal menjadi pertemuan kedua dalam pertarungan politik. Ikhsan pernah kalah dari Rajiun, saat Pilkada Muna Barat silam. Tahun 2024, mereka akan bertemu tarung lagi berebut kursi nahkoda Kab. Muna. Jadi, skornya nanti apakah 2-0 atau 1-1.

"Kepastian Iksan maju dimuna, dipertegas oleh Ketua DPD II Golkar Muna Muhammad Nasir Ido. Ditanyai Nusantarainfo.id, Nasir Ido mengungkapkan bahwa Iksan positif Maju di Pilkada Muna 2024. Iksan sebagai representasi 3 kepala Daerah yakni Ridwan Bae, dr. Baharuddin (Alm.) dan Rusman Emba. Iksan akan melanjutkan program kerja yang belum dicapai tiga kepala daerah tersebut, kata Nasir Ido."

Namun apapun itu, siapa yang paling kuat, titik akhirnya adalah takdir yang menentukan. Siapapun Bupati Muna selanjutnya, kita hanya berharap Kab. Muna jauh lebih baik lagi. Demikian Nusantarainfo.id mengulas dua figur terbaik Muna, Minggu 12 February 2023.


Posting Komentar

0 Komentar