Ticker

6/recent/ticker-posts

Selain Berhasil Dirikan Universitas, Satu Lagi Lembaga Pendidikan Yang Dimiliki Albert

 

Potret Latihan MTC Karya Persada, Alamat Sekolah Jln. Yos Sudarso Kec. Napabalano Kab. Muna (Sultra)
Albert, siapa yang tidak kenal sosok dan nama ini sekarang !?tentunya semua pada tahu. Ya, Albert Figur muda potensial yang telah berhasil mengangkat harkat dan martabat Daerah Kab. Muna melalui dunia pendidikan. Muna, puluhan tahun berdiri, ditangannya lah Universitas pertama terbentuk yakni Universitas Karya Persada Muna (UKPM).

Albert, S.E., Ketua Yayasan Karya Persada

"Alih-alih mengenai UKPM, yang satu ini tidak kalah menariknya. Masih dalam Dunia pendidikan, berikut ini Nusantainfo.id merangkum uraian panjang hasil wawancara eksklusif oleh Ketua Yayasan Karya Persada, Albert, S.E."

Belum banyak orang tahu, Yayasan Karya Persada memiliki satu lembaga pendidikan yaitu Maritim Training Center (MTC) Karya Persada. Lembaga ini bergerak dibidang Pelatihan Keterampilan Pelaut.

Salah satu proses latihan MTC Karya Persada, Alamat; Jln. Yos Sudarso Kec. Napabalano Kab. Muna (Sultra)

"MTC merupakan pertama dan satu-satunya yang ada di Sulawesi Tenggara, didirikan sejak tahun 2017 dan telah memiliki Approval Izin penyelenggaraan dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dit Kapel) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) Kementerian Perhubungan RI."

MTC mempunyai 4 jenis Pelatihan Pelaut, meliputi;

1. Program Diklat Basic Safety Training (BST)

2. Program Diklat Advanced Fire Fighting (AFF)

3. Program Diklat Medical First Aid (MFA)

4. Program Diklat Proficiency in Survival Craft and Rescue Boats (P-SCRB)

Sejauh ini, MTC Karya Persada sudah lebih dari Seribu alumni dan mereka langsung bekerja dan melanjutkan karir. Jadi, bagi siapapun yang ingin terjun sukses sebagai Pelaut, MTC Karya Persada pilihannya.

"MTC Karya Persada, juga menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa Lembaga Pendidikan seperti; SMK Kejuruan Kemaritiman, Pelayaran, Kelautan dan Perikanan di berbagai daerah di Indonesia, antara lain; 1. SMKN 4 Baubau, 2. SMKN 7 Kendari, 3. SMK Siotapina Baubau, 4. SMKN 1 Konawe Selatan, 5. SMKN Molawe Konawe Utara, 6. SMKN Eka Bakti Kendari, 7. SMKS KSM P Banggai, 8. SMKS Pelayaran KP Napabalano."

Tidak hanya itu, MTC Karya Persada juga terjun dalam Peningkatan Skill, Kompetensi Guru dan Instruktur Kemaritiman. Tahun 2019 dan 2022 lalu, MTC Karya Persada bekerja sama dengan BPPPMPV Gowa Sulawesi Selatan dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Kemudian, MTC Karya Persada berhasil melaksanakan pelatihan TOT ( Training of Trainer) 6.09 dan TOE (Training of Evaluation) 3.12 untuk Guru dan Instruktur seluruh Indonesia yang terselenggara di Jakarta.

"Tahun 2023 ini, MTC Karya Persada telah merumuskan Program baru yaitu Program Siap Kerja bagi mereka yang memiliki minat untuk menjadi Pelaut dan Program Magang/Praktek Layar bagi Taruna yang masih dalam proses mengemban pendidikan."

Melalui kerjasama dengan LPK Garda Nusantara, MTC Karya Persada menjamin sukses generasi muda yang bercita-bercita menjadi seorang Pelaut.

Diakhir wawancara, Nusantarainfo.id menanyakan kepada Albert "Langkah selanjutnya, adakah tujuan untuk terjun di Dunia Politik?" Biarkan mengalir seperti air, kalau ada momen dan kesempatan kita mainkan, jawab Albert sambil tertawa lepas, Selasa 10 Januari 2023.


Posting Komentar

0 Komentar