Ticker

6/recent/ticker-posts

Dikbud Mubar Selenggarakan Kegiatan Pra Sosialisasi Akreditasi Sekolah 2023

Tim Badan Akreditasi Nasional (BAN) melakukan pra sosialisasi terhadap Sekolah peserta Akreditasi se-Kab. Muna Barat (Sultra) tahun 2023.
Kegiatan yang dilaksanakan di ruang aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kab. Muna Barat pada Senin 30 Januari 2023, dihadiri oleh para Kepala Sekolah SMA, SMP, SD hingga PAUD. Tahapan sosialisasi akan dimulai tanggal 7 Februari 2023 bulan depan, sementara penilaian akan dibagi Tiga gelombang, yaitu gelombang 1 Bulan April, gelombang ll bulan Juli dan gelombang lll pada bulan November 2023.
"Hajirun Oha, S.Pd. MP. Kepala Bidang Dikdas Dikbud Muna Barat saat memberikan sambutan menyampaikan, Dikbud senantiasa mendorong Sekolah untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Akreditasi. Kita berharap, lewat akreditasi ini Sekolah dapat meningkatkan kapasitasnya."

Jadi, kepada Sekolah yang tahun ini masuk sebagai peserta Akreditasi diharap untuk serius menjalani semua proses dengan persiapan yang sebaik-baiknya. Jangan sampai nanti nilainya tidak sesuai harapan, itu merugikan Sekolah, himbau Hajirun.

"Setelah itu, ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kab. Muna Barat La Rami, S.Ag., S.Pd. menerangkan, kita patut bersyukur bahwa tahun ini (2023) ada beberapa perubahan regulasi penilaian Akreditasi. Perubahan itu meliputi; Penilaian fisik Sekolah presentasenya hanya 15% yang sebelumnya 85%, kemudian Instrumen Pemenuhan Relatif (IPR) dan Instrumen Pemenuhan Mutlak (IPM) yang tadinya lebih dari 300, sekarang tinggal 100 lebih."

Ini merupakan kemudahan yang diberikan kepada Sekolah, karena pada tahun-tahun sebelumnya banyak yang Tidak Terakreditasi (TT) hanya karena tidak memenuhi syarat dari poin-poin penilaian. Oleh karena itu, kemudahan sudah ada jangan sampai masih gagal terakreditasi, kata La Rami.

Kemudian, tidak kalah pentingnya adalah soal kejujuran. Kita banyak menemukan data atau isian instrumen yang tidak sesuai faktanya, hal itu bisa mempengaruhi gagalnya terakreditasi. Maka, sebisa mungkin bahkan wajib mengisi data sesuai dengan kondisi Sekolah, tambah La Rami.




Posting Komentar

0 Komentar