Ticker

6/recent/ticker-posts

Tahun 2023, APBN Sultra Naik

Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun depan 2023 naik, angka kenaikan itu mencapai 9, 71 persen atau sejumlah 25,57 triliun rupiah.

Melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sultra Syaiful menyampaikan, anggaran yang dialokasikan ke Satker K/L di Sultra sebesar Rp7,79 triliun tersebut yaitu untuk 444 Satker dengan rincian belanja pegawai Rp2,51 triliun, belanja barang Rp3,16 triliun, belanja modal Rp2,09 triliun dan belanja bantuan sosial Rp8,92 miliar.

Sementara, anggaran TKD Sultra tahun 2023 dialokasikan sebesar Rp17,78 triliun (naik 7,84%) dari tahun sebelumnya. Terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp9,63 triliun (naik 3,78%), Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp2,59 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp4,14 triliun (naik 6,36%), Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp11,45 miliar, dan Dana Desa (DD) sebesar Rp1,46 triliun (naik 0,1%).

Sinergi belanja dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah terus diperbaiki dengan dibangunnya sistem penganggaran yang terintegrasi untuk mempercepat dan menyamakan langkah-langkah seluruh pemangku kepentingan dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional, serta menghindari terjadinya tumpang tindih dan duplikasi program,” ucapnya.

Syaiful melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan III sebesar 5,40 persen, masih sedikit di bawah angka nasional yaitu 5,72 persen. Sedangkan inflasi di Sultra pada bulan Oktober 2022 mencapai 6,83 persen, masih di atas angka nasional yaitu 5,71 persen.

Kemudian, Gubernur Sultra Ali Mazi berpesan agar DIPA K/L dan daftar alokasi TKD tahun 2023 yang telah diserahkan diharapkan segera dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan tetap menjaga akuntabilitas, transparansi dan tata kelola yang baik.

Kepada kuasa pengguna anggaran Satker, agar terus melanjutkan sinergi program dan kegiatan lintas K/L. Kepada para pimpinan (kepala daerah) agar benar-benar menggunakan alokasi TKD Tahun 2023 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ali Mazi juga berpesan untuk mempercepat belanja daerah, hal ini agar anggaran belanja dapat segera digunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sultra. Selain itu, Dana Desa agar dioptimalkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan.

Posting Komentar

0 Komentar