Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Muna Rumuskan Perubahan Dapil Pemilu 2024, Jumlah Kecamatan Dapil Vl Berkurang?

Hari ini 15 Desember 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Muna Prov. Sulawesi Tenggara melaksanakan agenda penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Muna pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Secara prinsip dan keputusan KPUD Muna pada Pemilu 2019 lalu, Kab. Muna memiliki Enam Dapil. Untuk Pemilu 2024 nanti, KPUD merancang perubahan wilayah yang jumlah dapilnya tetap sama hanya saja ada satu wilayah Kecamatan yang akan bergabung dengan dapil lain, inilah yang sedang di uji publik oleh KPUD Muna.

"Ketua KPU Kab. Muna 'Kubais' menerangkan, KPU Muna tengah serius menggodok Daerah Pemilihan dan hal ini telah kami sampaikan kepada KPU Pusat. Ada Dua opsi yang dibahas saat ini melalui uji publik yaitu salah satu antara Kecamatan Watopute atau Kecamatan Duruka yang sebelumnya masuk dapil Vl, nantinya masuk dapil l bergabung bersama Kec. Katobu dan Kec. Batalaiworu."

Jadi, apakah Watopute masuk ke Dapil l ataukah Duruka yang masuk ke Dapil l. Ini kami serahkan kepada peserta/audience yang hadir untuk memilih opsi yang mana, kata Kubais. Sehingga, opsi mana yang disepakati maka itulah yang akan disampaikan ke KPU Provinsi dan KPU pusat agar mendapat Ketetapan yang mengikat, Jelas Kubais.

Adapun peserta Uji Publik yang hadir berdasarkan pantauan Nusantarainfo adalah dari unsur TNI/Polri, Pemda Muna, Bawaslu Muna, para Camat Se- Kab. Muna, anggota Partai politik, Tokoh masyarakat dan juga unsur media.

Kegiatan uji publik yang berlangsung disalah satu hotel Kab. Muna itu cukup alot dengan berbagai pandangan, ada yang berpendapat bahwa Duruka lah yang cocok untuk masuk Dapil l, ada pula yang mengusulkan Watopute saja yang bergabung di dapil l. Hal ini masih dalam kajian lebih lanjut oleh KPUD Muna, keputusannya akan disampaikan nanti. Demikian Nusantarainfo mengabarkan

Posting Komentar

0 Komentar