Ticker

6/recent/ticker-posts

Tunaikan Janji, BPN Muna Bagikan Sertifikat PTSL

Foto Dok. Nusantarainfo

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna mulai membagikan sertifikat tanah  PTSL dan tanah nelayan tahun anggaran 2022 kepada pemegang hak yang dimulai dari Kelurahan Wasolangka dan Walambenowite Kecamatan Parigi yang berada dibagian selatan Kabupaten Muna.

Pembagian sertipikat program strategis nasional itu, diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BPN Muna, Muhammad Ali Mustapah yang didampingi Ketua Panitia Ajudikasi PTSL Sultrawirawan, SH sebanyak 2.200 bidang secara bertahap akan dibagikan ke kelurahan dan Desa yang menjadi lokasi kegiatan.

"Sertipikat PTSL 2.000 bidang yang tersebar di kecamatan parigi, kecamatan kabawo dan kecamatan kontunaga sedangkan sertipikat tanah untuk masyarakat  nelayan desa langkoroni kecamatan maligano sebanyak 200 bidang dengan total luas  913,882 hektar," kata Ali Mustapah, Senin (14/11/2022).

Ali Mustapah melanjutkan, penyerahan sertipikat merupakan komitmen dari BPN Kabupaten Muna menyelesaikan program ini satu tahun anggaran sampai 31 Desember 2022.

"Penyerahan sertipikat ini sudah kami agendakan, Insya Allah  tuntas sampai desember tahun ini juga, tinggal menunggu kesiapan para kepala desa, lurah dan masyarakat untuk penyerahan sertifikat selanjutnya."

Dalam sambutan penyerahan Ia berpesan, agar pemegang hak menjaga dan menyimpan fisik sertifikat dengan baik.

"Kalau tidak dijaga dengan baik, sertipikat yang bapak/ibu miliki bisa rusak atau biasanya hilang, sedangkan kita tau bersama untuk mengurus sertifikat pengganti itu bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit," ungkapnya."

Selain itu, Ali Mustapah menambahkan, kepada pemegang hak diminta untuk  mengusahakan tanahnya, menjaga kesuburannya dan tidak diterlantarkan sehingga sertipikat menjadi aset yang dapat menunjang dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Bahkan Ia mengingatkan, agar pemegang hak untuk menjaga dan memelihara  tanda batas untuk menghindari konflik dan sengketa tanah dengan pihak lain dikemudian hari.

Jadi, jaga dan pelihara patok tanahnya jangan menggeser atau merubah posisi patoknya karena itu bisa memicu konflik, urainya.

Posting Komentar

0 Komentar