Ticker

6/recent/ticker-posts

Hati-hati!! Malaria Bisa Menyerang Kapan Saja, Ini Alasannya

Foto by Halodoc

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) Inke Nadia Diniyanti Lubis mengungkapkan, Malaria akan menyebar akibat pola alih fungsi lahan. Pengalihan fungsi lahan seperti agrikultur dapat mendorong terjadinya malaria zoonosis yaitu penyakit dari hewan ke manusia.

"Inke Nadia Diniyanti Lubis bersama tim dokter USU melakukan penelitian dengan menggandeng Menzies School of Health Research Australia, penelitian dilakukan disalah satu perkebunan kelapa sawit Sumatera Utara."

Dalam penelitian tersebut, menemukan adanya pekerja perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Langkat seringkali melihat keberadaan kera ekor panjang, tetapi mengabaikan perlindungan terhadap nyamuk yang berpotensi mentransmisikan parasit Plasmodium knowlesi penyebab penyakit malaria.

Ali fungsi lahan atau perambahan hutan menjadi pemicu berpindahnya habitat hewan seperti nyamuk. Kondisi itu berdampak pada penyebaran nyamuk yang mencari tempat baru, kata Inke dikutip dari Tempo.co (9/11/2022).

Inke juga menyebutkan, Pada saat mereka kehilangan habitatnya dan juga manusia semakin mendekat dengan adanya perubahan lahan yang tadinya hutan menjadi kebun atau plantation lain, maka tempat ini jadi tempat pertemuan hewan tadi dan manusia, maka paparannya akan menjadi semakin tinggi antara manusia dan hewan.


Posting Komentar

0 Komentar