Ticker

6/recent/ticker-posts

Berprofesi Sebagai ASN, Pria Ini Berhasil Budidayakan Kelapa Hias

 

Muliono, SE sang pengrajin Budidaya tanaman kelapa hias. Foto by Dok. Nusantarainfo.id

Kelapa merupakan bahan pangan, jenis tanaman yang satu ini mudah dijumpai. Tapi apa jadinya kalau kelapa tidak hanya sekedar menjadi bahan pangan, melainkan dijadikan tanaman hias!? Berikut ini, Muliono, SE akan menceritakan awal mula ia membudidayakan tanaman kelapa hias;

Kepada Nusantarainfo, Muliono bercerita bahwa sejujurnya saya bukanlah ahli dibidang pembudidayaan tanaman karena itu bukanlah latar belakang pendidikan saya. Namun, tanaman kelapa hias ini pernah santer terdengar yaitu salah satu jenis tanaman hias yang mahal dan diminati.

Kemudian, secara kebetulan saya pernah lihat langsung disalah satu rumah teman saya ketika berkunjung dijakarta awal tahun 2021, saat itulah saya juga baru pertama kali lihat tanaman hias dari kelapa. Kemudian saya memperhatikan sejenak, lalu bertanya kepada teman saya itu "ini dibuat sendiri atau dibeli"? saya membelinya, harganya itu cukup mahal ada yang 700 ribu ada yang lebih dari satu juta /pohonnya, jawab teman saya itu. 

Akhirnya, ketika pulang saya mulai rencana untuk menanam kelapa hias. Awalnya saya kesulitan memikirkan bagaimana caranya, kelapa yang jenis tanamannya tinggi besar berubah jadi kerdil. Nah, saya mulai buka YouTube untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup, setelah itu mempraktekannya.

Beberapa bulan kemudian, bibit buah kelapa tumbuh (tunas) lalu saya mulai melakukan metode atau langkah-langkah sesuai petunjuk dan Alhamdulillah berhasil dan telah banyak sampai saat ini. Saya terus mengisi waktu kosong untuk ini dan sudah menjadi hobi, ungkap Muliono (6/11/2022).

Media ini kemudian bertanya apakah sudah ada penjualan ?

Muliono menjawab; Sampai sekarang belum ada satupun yang terjual, bukan karena tidak ada pembeli tetapi saya belum bersedia menjualnya. Sebab, tanaman ini harus dibiarkan dahulu tumbuh dan kuat dengan berbagai perawatan sebelum berpindah ketangan orang lain. Pernah ada yang mau beli bahkan ditawari untuk tampil di pameran mewakili daerah Kab. Muna Barat, tapi saya belum mau. Karena, jangan sampai setelah banyak orang tau lalu berdatangan untuk beli.

Namun, sekarang sudah lumayan banyak persediaan yang saya kerjakan sudah lebih dari Satu tahun ini, sudah bisa dijual kalau ada pembeli, mengingat pekarangan rumah saya juga sudah padat, kata Muliono.

Memangnya dijual berapa per pohonnya, tanya media ini;

Begini, saya tidak akan menyebutkan berapa kepastian uangnya, tetapi mereka boleh datang ke rumah saya Desa Lakanaha Kec. Wadaga Kab. Muna Barat (Sultra). Saya akan ceritakan bagaimana proses penanaman kelapa hias ini, lalu akan lahir kesepakatan harga, pungkas Muliono.

Sementara itu, Media ini menyaksikan satu demi satu tanaman kelapa hias milik Muliono dengan bermacam varian warna. Menariknya, ada yang tunas dua atau dua pohon dalam satu buah kelapa. Tertarik untuk menghiasi rumah anda atau kantor dengan tanaman kelapa hias ? Kunjungi Muliono sang pengrajin Budidaya tanaman kelapa hias melalui alamat yang telah disebutkan diatas, demikian Nusantarainfo mengabarkan.


Posting Komentar

0 Komentar