Ticker

6/recent/ticker-posts

Teladan Yang Baik, Kasek Ini Terjun Langsung Benahi Sekolah!

 

Kepala Sekolah SMPN 1 Lawa kerja sama, gotong royong benahi Sekolah

Membenahi Sekolah dan lingkungannya adalah salah satu kinerja pokok yang harus  selalu tercipta, juga bagian dari menjaga estetika dalam rangka memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.Pembenahan dan kebersihan dilakukan oleh petugas khusus, tetapi untuk Sekolah yang satu ini (SMPN 1 Lawa) yang melakukannya Guru-guru bahkan Kepala Sekolah sendiri ikut turun tangan.

Ya tidak seperti kebanyakan, pekerjaan yang tergolong kasar itu jarang ditemui pelakunya adalah Kepala Sekolah. Dia adalah La Ode Kaidati Kepala Sekolah SMPN 1 Lawa Kab. Muna barat Prov. Sulawesi tenggara.

"Secara tidak sengaja Media ini mampir di Sekolah tersebut, itu juga karena lingkungan Sekolah itu ramai dihalaman Sekolah. Setelah melewati gerbang masuk Sekolah, media ini akhirnya bertanya Kepada salah seorang yang sedang mengecat. Ada Kepala Sekolah? Seketika ia menoleh lalu menjawab saya sendiri, tidak ingin momen tersebut lewat begitu saja, media ini mengabadikannya melalui pengabilan gambar (kamera)."

Ditangah waktu bekerja, sesekali media ini ngobrol santai sembari melontarkan pertanyaan. Mengapa bapak melakukan pekerjaan ini, kenapa tidak Guru-guru saja atau menyewa jasa pekerja? Kasek; Saya sudah terbiasa melakukan hal-hal begini, baik dirumah maupun di Sekolah, sejak sebelum jadi Kepala Sekolah hingga menjadi Kepala Sekolah. Karena obrolan makin menarik, sejenak La Ode (Kasek) meletakan alat kerjanya dan obrolan berlanjut.

Sudah berapa lama bapak menjadi Kepala Sekolah disini? Kasek; Saya belum genap setahun, saya menggantikan kepala Sekolah sebelumnya yang telah pensiun. Saya juga sebelum ini memang mengajar di Sekolah ini, kebiasaan ini sudah berlaku sejak Kasek sebelumnya, kami selalu gotong royong.

"Lanjut, harusnya kan bapak tidak perlu mengotori tangan bapak dengan pekerjaan seperti ini sebagai kepala Sekolah ujar media ini sambil bercanda, Kasek; menjadi Kepala Sekolah itu biasa saja, yang luarbiasa ketika kita mampu melakukan nilai-nilai positif. Kasek hanyalah tugas tambahan, dasar kita tetaplah Guru yang senantiasa memberi contoh sikap dan perilaku kita kepada sekitar, baik dalam lingkungan Sekolah atau di luar Sekolah."

Apa karena sebagai pimpinan lantas saya hanya main telunjuk, perintah sana perintah sini? tidak, saya tidak tau kalau yang lain tapi bagi saya pemimpin sejatinya memberi contoh layak diteladani atau tidak, pungkas La Ode Kaidati Kasek SMPN 1 Lawa pada pagi hari tadi 19/10/2022.

Posting Komentar

0 Komentar