Ticker

6/recent/ticker-posts

PLN Muna Apes! Mesin Pembangkit Baru Direbut Daerah Lain

 

Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau dikenal dengan PLTD adalah mesin listrik penggerak awal untuk menghasilkan Energi. Mesin ini juga dapat menghasilkan tenaga mekanis untuk memutar generator rotor, mesin yang berbahan bakar solar ini sebagai tenaga utama yang mengaliri Listrik.

Di Kab. Muna Prov. Sulawesi tenggara, mesin Pembangkit listriknya sudah lama dimakan usia. Sering mengalami gangguan berujung pada pemadaman listrik sudah lumrah terjadi, ya itu sebabnya mesinnya sudah tua.

Zulfikar Kepala PLTD di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Muna menjelaskan, saya juga bertugas belum genap setahun disini (Muna). Saya melihat kondisi mesin ini memang sudah seharusnya ada pergantian, tetapi meski belum, kami senantiasa berupaya agar mesin selalu terjaga dan terawat demi pelayanan yang maksimal.

"Memang beberapa hari belakangan ada gangguan mesin, jadinya pemadaman listrik harus dilakukan karena adanya perbaikan. Tetapi pemadaman itu paling lama 15 menit saja sekali padam dan setelah kembali normal maka listrik teraliri lagi. Kalau bukan karena adanya perbaikan mustahil kami padamkan listrik, itu sangat mustahil" jelas Zulfikar.

Terkait dengan mesin PLTD di Muna, seharusnya sudah ada mesin baru yang dikirim dari Pusat. Namun tiba-tiba pada perjalanannya ada Daerah yang sangat membutuhkan akhirnya dialihkan di wilayah itu, tapi tenang saja asal kita mau bersabar Insya Allah mesin pembangkit baru akan ada, kami sudah usulkan lagi ungkap (Zulfikar).

Satu hal lagi yang masyarakat perlu tau, bahwa tidak semua pemadaman listrik itu karena gangguan atau kerusakan mesin. Pemadaman juga terjadi karena persoalan jaringan, jaringan ini menyangkut eksternal dan itu bukan tanggung jawab kami di PLTD. tetapi ada yang bertugas khusus untuk mengatasi gangguan eksternal.

Gangguan eksternal itu berupa pohon tumbang/rebah, kelelawar bahkan bisa terjadi juga karena layang-layang. Layang-layang juga dapat menjadi penyebab gangguan listrik padam, kata Zulfikar pada Nusantarainfo 3 Oktober 2022.

Posting Komentar

0 Komentar