Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, SMAN 1 Tongkuno Adakan Upacara Dengan Nuansa Adat

 

SMA Negeri 1 Tongkuno Kab. Muna Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 (28/10/1928), hari ini 28 Oktober 2022.
"Pelaksanaan Upacara yang berlangsung di lapangan Sekolah itu di ikuti oleh seluruh Guru dan juga Siswa(i) dengan persiapan yang begitu matang. Berdasarkan pantauan Nusantarainfo, beberapa peserta Upacara dirias dengan busana khas Daerah Kab. Muna. Tentunya, Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2022 ini nuansanya khas Daerah masing-masing, atas surat edaran Kemendikbudristek RI."

Di SMAN 1 Tongkuno Kab. Muna, tata cara pelaksanaan Upacara tidak jauh berbeda dengan Upacara pada biasanya. Bedanya, hanya soal seragam juga ditambah dengan pembacaan puisi dengan tema "Perjuangan Kepemudaan". Sementara itu, pengibar Bendera menggunakan seragam lengkap Paskibraka sebagaimana Upacara peringatan Kemerdekaan.

"Kaharuddin Sabilu Kepala SMAN 1 Tongkuno sekaligus bertindak sebagai pembina upacara, dalam sambutannya menyampaikan, jauh sebelum hari ini, sejak 94 tahun yang lalu pemuda selalu menjadi yang terdepan untuk bangsa dan negara. Peran pemuda melawan para penjajah hingga berhasil Merdeka nya negara Indonesia ada campur tangan perjuangan anak muda dari seluruh penjuru negeri."

Negara kita telah merdeka yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, menandakan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang telah berdaulat tanpa bayang-bayang penjajah lagi. Tetapi, perjuangan tidaklah berhenti hanya karena kita sudah Merdeka, masih banyak tugas anak muda dan dibutuhkan peran sertanya untuk memajukan Negara ini baik dalam jenjang pendidikan, ekonomi, sosial, maupun budaya.

"Kita jangan lagi saling terpecah belah, memusuhi satu dan lainnya. Jangan lagi bicara perbedaan hanya karena kepentingan pribadi atau kelompok, tapi bicaralah tentang persatuan dan persaudaraan bahwa kita satu bahasa, satu tanah air yaitu Indonesia. Stop yang namanya bullying antar sesama teman, mulailah saling memberi semangat, ayo bangkit berpegangan tangan gapai suksesmu dimasa depan agar berguna bagi bangsa dan negara, demikian urayan sambutan Kaharudin Sabilu pada upacara peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2022."

Setelah upacara selesai, diruang kerjanya Kaharudin Sabilu menambahkan, bahwa upacara peringatan hari Sumpah Pemuda merupakan hal penting. Sebab, anak SMA adalah tingkatan sekolah paling akhir sebelum lanjut di jenjang selanjutnya, sehingga saya secara pribadi senantiasa menyampaikan disepanjang waktu di sekolah, mengenai peran anak muda untuk bangsa dan negara. Saya selalu mengajak untuk mengikat erat persaudaraan, jangan melihat suku, ras, dan golongan, tpi lihat satu bahasa dan tanah air yang sama yakni Indonesia, kata Kaharudin Sabilu pada Nusantarainfo.

Posting Komentar

0 Komentar