Ticker

6/recent/ticker-posts

Muna Dialanda Padam Listrik, Ada Apa ?

Gambar ilustrasi; klikpositif.com

Akhir-akhir ini, beberapa hari lalu hingga hari Minggu ini 2 Oktober 2022 Kab. Muna Prov. Sulawesi tenggara langganan listrik padam.

Ya, tiap hari tidak kenal waktu listrik selalu padam. Kondisi ini sungguh meresahkan masyarakat, dari sejak dahulu listrik Kab. Muna tidak pernah mengalami perubahan , padam seolah sudah menjadi kebutuhan.

Hal ini amat dirasakan wilayah Kec. Watopute Kab. Muna secara khusus, meski umumnya listrik di Muna jauh dari kata baik. Listrik padam pada prinsipnya adalah wajar tetapi kalau tiap hari (Malam/siang) padam, itu yang janggal.

Biasanya memang, listrik padam itu dipicu oleh beberapa hal yakni gangguan cuaca, gangguan alam (pohon tumbang), gangguan mesin dan kehabisan bahan bakar (dalam pengisian). Nah, cuaca di Kab. Muna tergolong baik dan bersahabat saat ini yaitu panas cerah. Kita bisa maklumi disaat musim penghujan atau cuaca ekstrim lalu listrik padam, itu maklum.

Berikutnya juga mengenai gangguan mesin, iya sih kondisi mesin PLN/PLTD Muna terbilang sudah lama dimakan usia (uzur). Kerap kali Media melakukan konfirmasi, pihak PLN selalu menjawab kalau bukan karena gangguan alam ya gangguan mesin, ini alasan klasik dari dulu juga begini jawabannya. 

Bila memang karena mesin, mengapa tidak ada perbaikan atau pengadaan mesin baru !? PLN kan milik Negara, masa iya Negara tidak mampu menyelesaikan atau ganti mesin Listrik di Muna. Padahal, masyarakat senantiasa taat bayar listrik pada waktunya. Anehnya, pelanggan hanya telat 2 hari saja petugas PLN datang segel meteran, ironi sekali bukan !?

Oke, dimasa kepemimpinan Sabaruddin (Eks kepala PLTD lama) listrik di Muna mendekati normal dan lumayan membaik, kendatipun masih ada pemadaman ya itu biasa. Tetapi di masa kepemimpinan Kepala PLTD yang baru ini Zulfikar, rasanya kok jadi parah pemadaman listrik.

Zulfikar, Kepala PLTD Muna

Amat terasa jengkelnya itu pada saat hendak mau sholat magrib, ketika sedang makan, atau disaat lagi masak nasi menggunakan rice cooker, wow luar biasa kan !? Dan disiang hari saat ini, media ini menulis dalam kondisi Listrik sedang padam. Tau kan kalau listrik padam jaringan juga lemot, hum itulah mengapa kita sangat terganggu bila listrik padam. 

Kemudian Nusantarainfo mencoba untuk menanyakan kepada Zulfikar (Kepala PLTD) Muna melalui WhatsApp, hasilnya tidak ada tanggapan.

Posting Komentar

0 Komentar