Ticker

6/recent/ticker-posts

Menjaga Badan Tetap Sehat Di Cuaca Ekstrem!? Berikut Tipsnya

 

Gambar ilustrasi; Halodoc
Cuaca tidak menentu bisa bikin tubuh rentan terserang penyakit. Apalagi bila Daya tahan tubuh sedang menurun akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit saat cuaca ekstrem.

Pada siang hari panas sekali, tapi bisa hujan lebat di malam hari. Belum lagi angin kencang dan cuaca yang tiba-tiba dingin. Hal ini memicu serangan infeksi seperti batuk, pilek, alergi, dan masuk angin bila tidak jaga kesehatan. Itulah mengapa saat perubahan cuaca kesehatan tubuh perlu dijaga. 

Nah, berikut ini Nusantarainfo akan memberikan tips menjaga kesehatan agar tetap fit di cuaca ekstrem. Melansir dari Yourdevan.com yaitu;

1. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan adalah pilar utama untuk menjaga kesehatan. Apa yang kita makan dapat memengaruhi tubuh dan kesehatan. Jalani pola makan yang seimbang, termasuk makan sayur dan buah serta batasi konsumsi junk food. 

Pastikan kamu mengonsumsi rasio yang tepat antara protein, lemak, dan karbohidrat yaitu 1: 1: 4 untuk perkembangan tubuh secara keseluruhan dalam proporsi yang seimbang. 

Kebutuhan nutrisi dan asupan makanan setiap orang berbeda-beda, jadi pertimbangkan untuk konsultasi ke ahli gizi untuk mendapatkan saran pola makan sehat yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

2. Istirahat yang Cukup

Tidur adalah istirahat yang paling baik. Tidur yang cukup berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), banyak orang yang tidak tidur dengan cukup. 

CDC merekomendasikan jumlah kualitas tidur berikut setiap malam: 

Usia 18-60 tahun: 7 jam atau lebih.

Usia 61-64 tahun: 7 hingga 9 jam.

Usia >65 tahun: 7 hingga 8 jam.

Efek samping dari kurang tidur adalah memicu masalah pada: Suasana hati, Kesehatan mental, Konsentrasi dan fokus,Memori, Berat badan, Sistem kekebalan tubuh, 

3. Sempatkan Olahraga

Bagaimana cara menjaga kondisi tubuh saat terjadi perubahan cuaca? Salah satunya dengan rajin berolahraga, setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang setiap hari menurut Mayo Clinic. 

Manfaat olahraga yang rajin akan membantu untuk: 

Menjaga berat badan ideal, Membangun otot, Meningkatkan suasana hati, Meningkatkan energi, Meningkatkan kualitas tidur,Mencegah kondisi penyakit,Meningkatkan sistem imun.

Pilihan olahraganya bisa kamu sesuaikan dengan minat kamu. Mulai dari jogging, lari, naik sepeda, berenang, main futsal, hingga rutin latihan di gym. 

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Menghadapi cuaca ekstrem dengan minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dikutip dari laman resmi P2PTM Kemenkes, disarankan untuk minum air putih total 2 liter per hari atau 8 gelas @230 ml per hari. 

Kamu bisa penuhi kebutuhan cairan tubuh dari asupan lain seperti buah dan sayur, atau minuman elektrolit. Semua jenis cairan sebenarnya dapat mendukung hidrasi, tapi menurut Harvard Health Publishing air putih masih pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

5. Batasi Asupan Gula

Batasi asupan gula harian karena ini cenderung menyajikan banyak kalori dengan nilai gizi sedikit. Kebanyakan dari kita sering konsumsi minuman manis karena itu pilihan minuman cuaca panas yang enak dan terasa segar. 

Padahal, terlalu banyak asupan gula dapat meningkatkan risiko berat badan naik, diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Batasi asupan gula maksimal 25 gram atau setara dengan 2 sendok makan per hari. 

6. Minuman Pencegah Panas Dalam 

Tips menjaga kesehatan di cuaca tak menentu adalah dengan konsumsi minuman yang sehat. Di cuaca panas yang ekstrem sangat rentan terkena panas dalam, yang merupakan gejala demam. 

Selain air putih, ada banyak alternatif minuman pencegah panas dalam dan sariawan. Misalnya, air lemoh, teh, air jahe, madu, dan teh herbal lainnya. 

Konsumsi juga minuman yang bikin tubuh jadi adem, seperti Adem Sari yang mengandung ekstrak herbal (kayu manis dan pulosari), jeruk nipis, dan vitamin C.

Adem sari serbuk dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh jadi tetap fit. Adem Sari cepet ademnya!

7. Kelola Stres 

Salah cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengelola stres dengan baik. Setiap orang pasti memiliki alasan untuk merasa stres, tapi itu tidak boleh dibiarkan. Lakukan hal-hal positif untuk meredakan stres, misalnya dengan olahraga, yoga, meditasi di ruangan yang wangi, atau menjalani hobi kamu. 

Ini bisa buat kamu jadi happy lagi, pikiran terkontrol, dan kesehatan mental juga terjaga. Selanjutnya, kamu harus pahami diri sendiri dan cara menyelesaikan masalah yang memicu kamu jadi stres. 

Itulah beberapa saran dan tips menjaga kesehatan di cuaca tak menentu. Selain itu, kita juga harus jaga kebersihan, buah kebiasaan tidak sehat (merokok, konsumsi alkohol, dll), serta menjalin support system yang baik agar pikiran tetap sehat. 


Posting Komentar

0 Komentar