Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperingati Maulid Nabi, Bid'ah Atau Bukan? Begini Penjelasan Cerdas UAH! Simak Vidionya ;

 

Gambar ilustrasi; Sketzhbook
Maulid Nabi Muhammad Saw. atau kelahiran Nabi (Muhammad) jatuh pada hari ini 8 Oktober 2022. Memperingati kelahiran Nabi berlaku dari tahun ke tahun yang sudah menjadi kebiasaan umat Islam.

Memang, banyak kalangan pemuka agama Islam tidak sepakat adanya peringatan Maulid. Bahkan sampai hari ini masih penuh dengan kontro versi baik dari pada cendekia muslim maupun masyarakat awam. Sejauh ini, Maulid masih melekat ditataran masyarakat yang senantiasa konsisten dirayakan tiap tahun.

Maulid dikatakan Bid'ah karena tidak ada riwayat sepeninggal Nabi dikalangan Sahabat memperingati Maulid. Bahkan sejak Nabi masih ada, Maulid tidak pernah dikisahkan. 

Berbagai artikel menjelaskan bahwa Maulid merupakan kebiasaan melebih lebihkan agama, sedang hal itu jelas Bid'ah karena tidak dicontohkan atau bukan ajaran Nabi Muhammad Saw. 

Tetapi, tidak sedikit pula jumlah ulama yang menyatakan bahwa memperingati Maulid itu sah dilakukan sebagai wujud kecintaan umat kepada Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. 

Ustadz Adi Hidayat (UAH) salah satu dari sekian banyak ulama lainnya yang sepakat, bahwa peringatan Maulid boleh dilakukan. Bahkan tegas ia katakan bahwa barang siapa yang menentang atau tidak suka dengan peringatan Maulid maka sama halnya dia tidak suka kepada Nabi (Muhammad). 

Berikut cuplikan (Video) singkat UAH mengenai Maulid;


Posting Komentar

0 Komentar