Ticker

6/recent/ticker-posts

Komisi IV DPR RI Reses! Tinjau Pengolahan Limbah PT Biota Laut Ganggang Di Sulsel

 

Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Rusdi Masse Mappasessu melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Selatan pada 7-8 Oktober 2022. 

Beberapa agenda kunjungan diantaranya meninjau proses produksi dan pengelolaan limbah PT Biota Laut Ganggang di Kabupaten Pinrang, tinjauan terhadap PT Cahaya Mario di Kabupaten Sidenreng Rappang yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur dan pertemuan dengan Balai Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Selatan.


Dalam tinjauan ke PT Biota Laut Ganggang, Komisi IV DPR RI mendapat pengaduan dari masyarakat terkait pengelolaan limbah PT Biota Laut Ganggang yang kurang baik sehingga mencemari sungai dan tambak milik masyarakat, bahkan menyebabkan matinya ikan dan udang di perairan sekitar pembuangan limbah. 


Menyikapi hal itu, Rusdi Masse meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan uji laboratorium terhadap air sungai dan tambak yang teraliri limbah dari PT Biota Laut Ganggang. 

"Kami mendorong agar keluhan masyarakat tersebut segera ditindaklanjuti. Kemudian KLHK agar terus melakukan pengawasan atas aduan masyarakat tadi," ujar Rusdi Masse. 

Komisi IV DPR RI menegaskan, apabila aduan masyarakat tersebut benar dan tidak segera diperbaiki sistem pengelolaan limbahnya, maka temuan tersebut akan dibawa kepada Panja Limbah Komisi IV DPR RI dan tidak menutup kemungkinan terjadinya tindakan tegas, yakni penutupan/penyegelan perusahaan. Demikian Kunker DPR RI dilansir dari Laman DPR

Posting Komentar

0 Komentar