Ticker

6/recent/ticker-posts

Kabut Asap Dan Debu Tambang, Menutup Separuh Langit Kab. Konawe! Apa Bahayanya?

 

Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi tenggara adalah Daerah yang dianugerahi 2 Perusahaan Tambang Industri besar. 

PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT. Obsidian Stainless steel (OSS) adalah Perusahaan besar dimaksud. Mega Industri ini bergerak dalam pengolahan hasil bumi yaitu Nikel.

Perusahaan tersebut berdiri sejak tahun 2014 silam, yaitu perusahaan milik Asing atau Penanaman Modal Asing (PMA) yang berkantor di Jakarta dan memiliki kantor cabang di Kota Kendari (Sultra).

Perusahaan yang berdiri di Kec. Morosi ini memiliki jumlah karyawan mencapai 10.000 lebih tenaga lokal berdasarkan data 2020 dan tenaga asing tidak diketahui jumlahnya. Dari tahun ke tahun penerimaan karyawan selalu bertambah, bahkan tahun 2022 ini dikabarkan setidaknya akan merekrut sebanyak 60.000 pekerja. Jumlah itu menjadi wajar, sebab dua perusahaan sekaligus (OSS dan VDNI).

Lalu seberapa pengaruh positifnya terhadap masyarakat?

Pada kesempatan belakangan sekira awal tahun 2021, media ini berkunjung di Kab. Konawe kec. Morosi. Sempat nginap dipusat kampung industri yakni Desa Tanggobu. 

Desa Tanggobu merupakan wilayah pemasok tanah atau tambang jenis galian untuk timbunan diareal perusahaan. Ditinjau dari aspek Ekonomi, pendapatan masyarakat bertambah yaitu mereka yang memiliki usaha seperti warung sembako dan warung makan, aktifitas pasar juga ramai.

Tetapi, ditinjau dari segi pembangunan yakni kondisi jalan, morosi postur jalan umum yang digunakan masyarakat hancur- hancuran. Bagaiman tidak, kendaraan Dump truk (DT) baik 6 roda maupun 10 roda siang malam keluar masuk perusahaan.

Panas terik debu, hujan turun lumpur, Begitulah kondisi jalan di Kec. Morosi. Kondisi jalan yang memprihatinkan membuat masyarakat yang menggunakan jalur yang sama selalu khawatir dapat berakibat digilas Mobil DT.

Kemudian, baru-baru ini (10/10/2022) salah satu pengguna media sosial Facebook mengunggah gambar yang memperlihatkan kabut asap bercampur debu menutupi langit wilayah morosi. Ya, asap dan debu itu bersumber dari PT OSS dan PT VDNI. 

Tentu saja dampak bagi kesehatan atas sebu dan asap mengancam jiwa penduduk di wilayah setempat. Perhatikan gambar berikut;



Dampak negatif bagi kesehatan akibat asap dan debu diantaranya, gangguan pernapasan, pilek dan infeksi paru-paru.

Posting Komentar

0 Komentar