Ticker

6/recent/ticker-posts

Hal Yang Harus Diketahui Kepala Sekolah Agar Disukai Guru Dan Siswa, Cek!

Gambar ilustrasi; SpiritRiau.com

Kepemimpinan Kepala Sekolah dapat menentukan wibawah pendidikan di Sekolah itu sendiri, Kepala Sekolah menjadi Tokoh utama penggerak pendidikan di Sekolah.

Manajemen kepala Sekolah juga akan menjadi fondasi yang dapat menguatkan sistem pendidikan antara Guru dan Siswa. Sekolah yang kondusif, tentram dan aman adalah dikendalikan oleh Kepala Sekolah itu Sendiri. Kepala Sekolah harus mampu melakukan interaksi di dalam lingkup Sekolah baik kepada Guru maupun siswa (Murdi).

Seringkali Egoisme menjadi masalah utama sehingga sekolah itu tidak memiliki kemajuan, misalnya Kepala Sekolah tidak mau mendengar saran atau masukan dari para Guru bahkan Siswa itu sendiri. Padahal, Sekolah merupakan milik bersama dengan satu tujuan yaitu meningkatkan kualitas Guru serta mencerdaskan peserta didik. 

Nah, berikut ini adalah poin-poin yang harus dimiliki Kepala Sekolah yang dikutip dari Trendguru.id,

1. Kepala sekolah harus memahami perilaku individu dan kelompok dengan mempelajari ilmu psikologi, sosiologi, dan ilmu tingkah laku. 

2. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, yaitu kemampuan mengaitkan hubungan antara bahasa, pemahaman, pemikiran, dan tingkah laku. Komunikasi merupakan sarana terbaik dalam kepemimpinan. Komunikasi dua arah harus terjalin antara kepala seklah dan bawahannya agar informasi dapat tersampaikan dengan benar. Jika salah dalam menyampaikan maksud, tentunya akan menimbulkan kekeliruan dan mengakibatkan kerugian bagi sekolah. 

3. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan memahami untuk melihat perbedaan antara dorongan, bujukan, paksaan, dan manipulasi, serta kapan tindakan-tindakan tersebut perlu dilakukan dan kapan harus dihindari.

4. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kewenangan yang diberikan kepadanya. Kewenangan ini memiliki hubungan dengan tanggung jawab kepala sekolah terhadap apa yang dipmpinnya.

5. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk menerapkan berbagai gaya kepemimpinan dan mengetahui akibat dari penerapan gaya kepemimpinan tersebut.

6. Kepala sekolah harus memiliki kesadaran diri berkenaan dengan kemampuan perorangan, gaya aklamiah, kekuatan, kelemahan dan bagaimana menyeimbangkan semua hal tersebut.

Maju mundurnya sekolah tergantung bagaimana kepala sekolah sebagai pemimpin mempoles ataupun merencanakan strategi untuk kemajuan dan kualitas sekolah. Supaya sekolah dapat berjalan dengan baik seyogyanya kepala sekolah memiliki syarat. 

Syarat yang dimaksud disini adalah sifat-sifat atau sikap-sikap yang layak dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat menjalankan kepemimpinan dengan sukses. Untuk menjabat sebagai seorang kepala dalam lingkungan pendidikan, ditetapkan beberapa persyaratan yaitu: pendidikan yang dimiliki, pengalaman yang sering dinyatakan dalam bentuk golongan/pangkat, dan umur. 

Selain itu, Kepala Sekolah juga harus memiliki sikap dan kepribadian seperti;

- Memiliki kecerdasan/intelegensi yang baik. 

- Percaya diri sendiri dan membership.

- Memiliki keahlian/keterampilan dalam  bidangnya.

- Cakap bergaul dan ramah tamah.

- Disiplin 

- Suka menolong dan memberi petunjuk.

- Memiliki semangat pengabdian yang tinggi.



Posting Komentar

0 Komentar