Ticker

6/recent/ticker-posts

Diabetes Bisa Menyerang Siapa Saja, Berikut Beberapa Faktornya Perlu Anda Ketahui

 

Foto; Klikdokter

Gula Darah Anda tinggi ?atau masih belum tau kalau diam-diam ternyata mengalami penyakit gula (Diabetes). Jika begitu, coba simak urayan berikut sampai selesai."Periksa kadar Gula anda, untuk mengetahui seberapa tinggi kadarnya. Sebab, kadar gula tinggi dipastikan akan menjadi penyakit diabetes. Baik sebelum lanjut, kenali dulu mengenai diabetes di Indonesia."

Dikutip dari Sopjepang.com, Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization) pada tahun 2016, penyakit Diabetes adalah penyebab kematian tertinggi ke-4 di Indonesia.

"Bahkan data pada tahun 2017, terdapat sebanyak 425 juta orang pengidap penyakit diabetes di seluruh dunia dan Indonesia menempati urutan ke-6 dengan jumlah pasien diabetes tertinggi."

Data itu diperkirakan akan terus meningkat, kenapa? Karena masyarakat Indonesia cenderung menyukai makanan dan minuman yang manis yang mengandung banyak Gula. 

Kita ketahui bersama bahwa makanan pokok Indonesia adalah Nasi Putih. Lantas apakah Nasi Putih bisa jadi salah 1 penyebab Gula Darah Naik dan diabetes?

Ya, Nasi putih termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi, yaitu sekitar 70. Setelah mengonsumsinya, kadar gula darah bisa melonjak naik karena Glukosa yang terkandung dalam nasi putih. Apabila tubuh tidak segera mengolah Glukosa sebagai sumber energi, maka hal ini dapat menjadi pemicu penyakit diabetes.

Sementara, Sumber makanan manusia memiliki 3 komponen besar yaitu; Protein, Karbohidrat dan Lemak. Ketika kita makan makanan berkabohidrat seperti Nasi Putih & Gula, karbohidrat tersebut akan menjadi Glukosa, kemudian Glukosa akan masuk ke dalam 2 tempat tubuh manusia yakni Sel dan Darah.

"Glukosa yang masuk ke Sel berubah menjadi Energi. Namun, bila Glukosa terlalu banyak masuk ke Darah akan menyebabkan Gula Darah tinggi, lalu Pankreas akan bekerja lebih keras dan lama-lama akan rusak, yang berujung Diabetes. Itulah kenapa orang yg sering makan manis lebih cenderung terkena Diabetes."

Penderita diabetes mengalami kerusakan jaringan tubuh, yaitu kerusakan pada Pankreas sebagai penghasil hormon pankreas. Padahal, fungsi hormon pankreas adalah memindahkan Glukosa dari Darah ke dalam Sel untuk mencegah Gula Darah tinggi.

Jadi penyebab utama Gula Darah Tinggi walaupun Anda sudah berusaha menjaga pola makan, adalah kerusakan jaringan sel pada PANKREAS. Jika Pankreas sudah terlanjur rusak, walaupun Anda sudah atur pola makan, Gula Darah akan tetap susah turun.


Posting Komentar

0 Komentar