Ticker

6/recent/ticker-posts

Daerah Tambang, Tapi Warganya Idap Gizi Buruk! Ada Di Kab. Konawe

Foto; Tangkap Layar (TikTok)

Seseorang telah mengunggah sebuah video disalah satu grup publik (Facebook) mengenai warga yang mengidap Gizi buruk. Video tersebut kemudian viral melalui aplikasi TikTok.

Hal tersebut diterangkan, Alfatima umur 10 tahun merupakan anak dari sepasang suami-istri Tahya (Bapak) dan Widayanti (Ibu) adalah penduduk Desa Parudongka Kec. Routa Kab. Konawe Prov. Sulawesi tenggara, telah mengalami situasi yang memprihatinkan.

Bagaimana tidak, anak tercinta mereka mengalami penyakit Polio atau Gizi buruk. Orang Tua Alfatima hanyalah pekerja serabutan (buru kasar) yang kini hanya meratap sedih sebab Gizi buruk yang dialami anaknya.

"Tidak hanya itu, selain Alfatima terdapat juga seorang Bayi (balita) umur 2 tahun mengalami keadaan serupa."

Melalui keterangan disosial media malam hari tadi (17/10/2022), Bayi Merida (2 tahun) adalah anak dari pasangan suami-istri Cecen (Bapak) dan Dira (ibu) juga beralamat Desa Parudongka Kec. Routa Kab. Konawe Prov. Sulawesi tenggara.

"Desa Porudongka merupakan wilayah transmigrasi di Kab. Konawe, Daerah yang dikenal dengan penghasil Nikel terbesar di Indonesia yang dikenal Dunia, namun warganya ada yang kena Gizi buruk. Daerah dibawah kepemimpinan Kery Syaiful Konggoasa (KSK) selaku Bupati Kab. Konawe (Sultra) yang sebentar nanti akan bertarung di pemilihan Gubernur Sultra 2024 mendatang."

Atas viral nya video TikTok tersebut, akhirnya menuai banyak tanggapan warganet. Mereka mengaku heran, Daerah yang kaya akan nikel dengan Dua Perusahaan tambang besar (OSS dan VDNI) tapi masih juga ada warga yang terkena Gizi buruk.

Sementara itu, dikutip dari Wikipedia bahwa anak yang mengalami gizi buruk akan berdampak pada tumbuh kembang anak yang tidak optimal. Mengalami gangguan pertumbuhan hingga kurangnya tingkat kecerdasan dan prestasi akademik, berat badan berkurang (kurus) serta stunting. Sehingga Pemerintah setempat dalam hal ini Bupati harus memberikan perhatian serius kepada warganya yang mengalami gizi buruk.



Posting Komentar

0 Komentar