Ticker

6/recent/ticker-posts

Wow !Bulog Muna Tetap Stabil Meski BBM Naik, Simak

Dampak kenaikan harga BBM boleh dibilang mempengaruhi semua sektor, tetapi tidak untuk Bulog.

Presiden Republik Indonesia Ir. Jokowi Dodo baru saja mengeluarkan kebijakan yaitu menaikan harga Bahan Bakar Minyak BBM. Pastinya, kenaikan BBM tentu saja membawa dampak besar disemua lini sektor. Namun siapa sangka, hal itu tidak mempengaruhi sedikitpun bagi Bulog

Saat dijumpai NusantaraInfo Senin 19/9/2022, Kepala Perum Bulog Muna Ritno menyebutkan, dengan naiknya harga BBM memang sangat mempengaruhi nilai jual-beli barang. Orang banyak tidak menyangka bahwa Bulog baik-baik saja sperti sedia kala, sebelum dan setelah naiknya harga BBM Bulog tetap stabil. Bulog ini Negara punya, itu yang mesti orang tau, jadi tidak ada permainan harga atau menetapkan harga sendiri sebagaimana sektor usaha pada umumnya, kata Ritno.

Ritno juga menjelaskan, ini bukan karena Bulog Muna yang hebat tetapi Pemerintah dalam hal ini Presiden yang memiliki andil menentukan kebijakan. Kembali lagi soal harga, Bulog tetap mengacu pada Peraturan Mentri Perdagangan Permendag No.6 tahun 2022 tentang Harga Eceran Tertinggi HET.

Tetapi, hingga saat ini Bulog Muna memberikan harga kepada masyarakat terbilang jauh dibawah HET. Harga jual beras Bulog Muna hari ini berada di kisaran Rp. 8.500 s/d 8.700 dari HET diangka Rp. 9.750 untuk beras premium dan Rp. 12.000 untuk beras Medium, itu artinya harga jual kami sampai pada pembeli akhir dimasyarakat itu jauh dibawah HET yang ditetapkan Pemerintah, ungkap Ritno.

Kemudian terkait dengan ketersediaan atau stok beras, Bulog Muna saat ini masih memiliki kekuatan stok yaitu sebanyak 720 ton. Itu dalam penguasaan Bulog Muna yang terletak di Dua gudang yakni gudang La Ende dan gudang Sidodadi. Sementara untuk penguasaan perjalanan kami memiliki stok sebanyak 600 ton, jadi jika ditotal mencapai 1300 ton sehingga untuk stok beras Bulog Muna aman, paparnya.


Ritno menyadari, kebutuhan utama masyarakat adalah beras, kebutuhan lain boleh langka asal jangan beras. Oleh karena itu, saya selaku penanggung jawab Bulog Muna yang telah diberikan penugasan untuk menstabilkan kebutuhan tersebut. Dengan segala upaya, saya menguatkan sumber pasokan beras baik itu dalam bentuk gabah hingga dipenggilingan. Lalu orang bertanya, memangnya beras Bulog bagus ?eits jangan salah, Bulog Muna hari ini kualitas berasnya sangat terjamin layak konsumsi, sama dengan yang ada dipasaran ujarnya.

Kami melayani Tiga Kabupaten, Kab. Muna, Kab. Buton Utara dan Kab. Muna barat. Mengapa sejak awal saya katakan beras Bulog Muna stoknya aman, itu karena kebutuhan ASN di Tiga Kabupaten ini kami layani secara konsisten dan kontinyu. Bayangkan saja, Kebutuhan ASN Buton Utara 10 ton /bulannya, Muna barat 19 ton /bulan, dan Muna sendiri 4 ton /bulan. Maka, saya tidak juga takabur tetapi untuk menjaga ini upaya sayalah semuanya dengan segala kemampuan yang saya miliki, jelas Ritno.

Kemudian Ritno menghimbau, kepada seluruh masyarakat di Tiga Kabupaten ini agar jangan khawatir, kami akan senantiasa menjaga ketersediaan beras. Kualitas beras kami juga sangat baik, kami jamin itu tutupnya.



Posting Komentar

0 Komentar