Ticker

6/recent/ticker-posts

SMPN 1 Watopute Terus Mendorong Kegiatan Pramuka, Apa Sih Pramuka itu ?Simak

 

Belum lama ini, usai perayaan 17 Agustus 2022 SMPN 1 Watopute Kab. Muna menyelenggarakan kemah Pramuka di pelataran Sekolah.

Muhammad Awal Kepala SMPN 1 Watopute mengungkapkan, Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang terus berjalan dari masa ke masa. Pramuka ini memang sudah menjadi agenda Nasional, diseluruh penjuru Negeri Pramuka senantiasa mewarnai dunia pendidikan.

Namun sebelum lanjut, apakah Pramuka itu?

Pramuka adalah Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana, lebih dikenal sebagai Gerakan Pramuka Indonesia. Pramuka itu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka didirikan pada tahun 1961 di Jakarta.

SMPN 1 Watopute, Pramuka telah di ikuti lebih dari 50% siswa. Antusias peserta didik sangat tinggi untuk mengikuti Pramuka, Kita memiliki gudep Gugus Depan Harimau Kontu dan Kamba Wuna yang sudah terkenal di kanca Propinsi hingga Nasional. Pramuka memang terbukti mampu membentuk karakter generasi muda, ada banyak alumni sudah menjadi orang sukses ujar Muhammad Awal.


Setiap 3 bulan sekali, kami menyelenggarakan kemah di Sekolah sekaligus mengevaluasi pengetahuan dan kepribadian. Kegiatan ini bukan sesuatu yang wajib sebab tidak masuk dalam kurikulum pembelajaran, tetapi dipandang penting untuk menggali potensi anak didik.

Keikut sertaan Pramuka juga harus ada izin dari orang tua siswa, tetapi sejauh ini orang tua siswa belum ada yang protes bahkan mereka merespon positif langkah sekolah mengadakan kegiatan Pramuka, ungkap Muhammad Awal.

Muhammad Awal
Kepala SMPN 1 Watopute

Ini adalah salah satu komitmen saya dalam bertugas, menyukseskan Siswa saya di Kegiatan Pramuka. Disini karakter dan akhlak terbentuk, sebagai modal di masa depan mereka, ungkapnya dihadapan NusantaraInfo 5/9/2022.

Posting Komentar

0 Komentar