Ticker

6/recent/ticker-posts

Dipandang Sebelah Mata, Tapi Sekolah ini Dengan Prestasi yang Layak Dijempol

 

Tidak banyak orang tau, Yayasan Pendidikan ini sudah banyak mencatatkan prestasi.

Berbicara mengenai Yayasan, berarti suatu lembaga yang berstatus swasta. Adalah Yayasan Layanan Khusus Napabalano Kec. Napabalano Kab. Muna Prov. Sulawesi Tenggara yang bergerak dibidang Pendidikan.

Yayasan Layanan Khusus didirikan pada tahun 2011, dengan jenjang pendidikan tingkat SDLB, SMPLB dan SMAS. Yayasan ini pendirinya La Saleha, SE. dan sudah terakreditasi B oleh PT. BAN Badan Akreditasi Nasional.


Seperti yang sudah disebutkan diawal, Yayasan Pendidikan ini tidak banyak orang tau. Padahal, Yayasan Layanan Khusus merupakan lembaga pendidikan yang sudah memberikan banyak kontribusi yaitu mengharumkan nama Daerah.

Dalam paparannya La Saleha menyampaikan, Yayasan ini menjadi solusi terbaik bagi masyarakat kurang mampu atau dalam kategori garis kemiskinan. Mengapa demikian, sebab Yayasan ini menjamin kebutuhan dasar Sekolah bagi peserta didik secara gratis. Kami gratiskan semua kebutuhan dari kaki hingga kepala, ya pakayannya kami yang tanggung.

Memang target utama kami ialah mereka yang putus Sekolah karena alasan ekonomi, sehingga kami hadir untuk memberikan layanan tanpa ragu dengan biaya. Perlu diketahui, jangkauan kami tidak hanya diwilayah daratan tetapi wilayah pulau seberang laut. Yayasan ini berada dalam wilayah pesisir Kel. Napabalano, ada banyak penduduk kepulauan yang tidak punya akses untuk menempuh pendidikan, disamping itu juga kendala biaya.

Kami menyediakan perahu khusus untuk antar jemput anak Sekolah, peserta didik tinggal tumpangi tanpa harus membayar ujar La Saleha. Alhamdulillah saat ini jumlah peserta didik sudah mencapai kurang lebih dua ratusan, tiap tahun ajaran baru ada peningkatan.

Apa yang orang belum banyak tau ? La Saleha menjelaskan, mereka berpikir Sekolah di Yayasan ini tidak akan diterima luas di perguruan tinggi manapun, padahal alumni sudah banyak melanjutkan pendidikan perguruan tinggi baik Negri maupun Swasta di Seluruh Indonesia.

Orang juga belum tau, bahwa 80% alumni yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi adalah lulus beasiswa bidik misi yang hari ini banyak dikejar oleh masyarakat.

Mengenai prestasi, pada tiap kejuaraan lomba 17 an Agustus kami selalu mendapatkan juara. Selain itu, baru baru ini kami disurati oleh panitia kejuaraan olah raga di Jawa barat untuk dikirimkan peserta dayung untuk mengikuti seleksi Pra PON dan kami kirimkan Empat orang peserta. Diluar Daerah yaitu Pulau Jawa kami sudah dikenal, ungkapnya.

Lebih lanjut, Saya selaku pendiri/ ketua Yayasan memilik komitmen untuk mencerdaskan, menyukseskan anak bangsa. Soal biaya itu tugas saya, yang terpenting masyarakat menyekolahkan anaknya, jelas Saleha.

Lalu Kemarin 8/9/2022, NusantaraInfo diajak untuk melihat Mini Market milik yayasan dengan menyediakan kebutuhan makanan peserta didik.

Menurut Saleha, mini market ini bertujuan agar anak Sekolah tidak berbelanja diluar. Kami lengkapi semua kebutuhan makanan dan minuman disini.
Masih belum cukup sampai disini, saya ingin lembaga Pendidikan ini terus berkembang pesat hingga tidak ada lagi anak anak putus sekolah atau tidak mau sekolah wajib 12 tahun. Meski begitu, kami juga masih butuh banyak sumbangsi pemikiran (moril) dan materil dari berbagai pihak, harap Saleha.





Posting Komentar

0 Komentar