Ticker

6/recent/ticker-posts

Berbagai Manfaat Daun Kelor, Ayo Simak !

 

Daun kelor biasa dijumpai, bahkan hampir seluruh pekarangan rumah terdapat tumbuhan kelor.

Kelor atau dalam bahasa latin adalah Moringa Oleivera, dipercaya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kelor merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh meski didaerah tropis.

Kelor biasa dijadikan kebutuhan lauk (sayuran), di Indonesia banyak sekali tumbuhan kelor hingga tidak heran tumbuhan yang satu ini telah akrab dengan manusia. Banyak orang sudah menggunakan daun kelor untuk kebutuhan makanan sehari hari, Kab. Muna misalnya. Lebih dari 50% penduduk masyarakat Muna sudah mengonsumsi daun kelor puluhan tahun bahkan sejak Pemerintahan Belanda.

Seiring berkembangnya waktu, siapa sangka Daun Kelor telah mendunia dan sudah diteliti oleh para ahli bahwa kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti dikutip dari SindoNews.com merilis tentang Manfaat daun kelor bagi kesehatan, disebutkan; Manfaat kelor meliputi Pengobatan dan Pencegahan Kanker , daun yang bermanfaat bisa mengobati kanker. Karena mengandung banyak senyawa antikanker, antara lain eugenol, niazimicin, dan isopropil isothiocyanate. Senyawa ini bersifat bioaktif, artinya memberikan manfaat kesehatan yaitu membunuh dan berpotensi mencegah kanker berkembang.

Bukan hanya kesehatan, tapi juga untuk kecantikan yaitu kulit dan rambut juga diberikan oleh daun kelor. Kandungan antioksidan dari daun kelor, seperti vitamin B2, serta sejumlah protein. Ketika digunakan sebagai minyak pada kulit dan rambut, kelor dapat melawan polutan yang merusak. Sehingga disarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Selengkapnya lihat infografis.

Dalam artikel lain juga dinyatakan, bahwa daun kelor kandungannya dapat digunakan untuk bahan facial yaitu masker wajah.


Namun, disamping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa kepercayaan meyakini bahwa mengonsumsi daun kelor tidak baik bagi yang menggunakan susuk kecantikan. Katanya, daun kelor dapat melunturkan khasiat susuk. Tetapi apapun itu, kelor baik untuk kesehatan dan enak rasanya bila dijadikan sayuran. NusantaraInfo 

Posting Komentar

0 Komentar