Ticker

6/recent/ticker-posts

SMPN 1 Tisel Menjadi Sekolah Mandiri Berubah, Lantas Apakah Mandiri Berubah Itu ?

 

UPTD SMPN 1 Tiworo Selatan Kab. Muna Barat adalah salah satu Sekolah, yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan Kemendikbud sebagai Sekolah Mandiri Berubah.

Ditemui saat rapat bersama Dewan Guru, Reha, S.Pd Kepala Sekolah SMPN 1 Tisel memberikan pengarahan tentang sistem pembelajaran Sekolah Mandiri Berubah pada Selasa 19/7/2022.

Apa itu Mandiri Berubah ?

Mandiri Berubah adalah sistem Pendidikan yang sudah memanfaatkan sepenuhnya platform Merdeka Mengajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek. Memilih CP, TP, ATP, perangkat ajar, asesmen, dan lain sebagainya. Di platform ini, juga sudah memuat segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh Sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Dalam rapat, Kasek menyampaikan tentang pentingnya memahami kurikulum terbaru oleh Mentri Pendidikan Nadiem Makarim. Kurikulum Merdeka merupakan Sistem Pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan mutu pendidikan.


Meski tidak semua Guru hadir, tetapi Kepala Sekolah telah memetakan jam ajar. Pembagian jam pengajaran telah dibacakan langsung dihadapan Dewan Guru.


Ya, semua Guru sudah mendapatkan jam pengajaran. Hanya saja ada satu mata pelajaran yang jamnya lebih dari yang lain yaitu mata pelajaran B.Indonesia, hal itu disebabkan Guru mata pelajaran dimaksud hanya satu Orang. Selain mata pelajaran B.Indonesia, kami juga kekurangan Guru B.Inggris, sehingga kami membutuhkan tambahan 2 orang Guru, ungkap Reha saat kembali dijumpai diruang kerjanya.

Kekurangan tenaga Guru sudah saya sampaikan terhadap Dinas Pendidikan Kab. Muna Barat, berharap secepatnya didatangkan mengingat tahun ajaran baru 2022/2023 telah masuk.

Selain itu, Sekolah ini juga membutuhkan bangunan pagar. Pasalnya, hewan liar maupun hewan peliharaan keluar masuk dalam Sekolah. Kami kewalahan membersihkan kotoran hewan hewan tersebut.

Berdasarkan pantauan Media ini, SMPN 1 Tisel terletak jauh dari permukiman penduduk setempat. Hanyalah kebun dan persawahan masyarakat yang ada disekitar Sekolah.







Posting Komentar

0 Komentar