Ticker

6/recent/ticker-posts

Andi Muna Pelopori Pembahasan Bedah Sejarah Juang, Mekarnya Muna Barat

HUT Kab. Muna Barat yang ke 8 jatuh pada 23 Juli 2022 mendatang. Andi Muna menggelar temu dalam forum diskusi bersama para tokoh, dalam rangka membedah naskah perjuangan pemekaran.

 

 Kabupaten Muna Barat Prov. Sulawesi Tenggara telah mekar sejak 8 tahun silam, Daerah pecahan Kab. Muna ini dalam waktu dekat akan diperingati hari lahirnya. Muna Barat pertama kali dipimpin oleh L.M. Rajiun Tumada, sebagai Pejabat Bupati utusan Kementrian Dalam Negri atas usulan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Rajiun Tumada setelah menjadi PJ kemudian berlanjut menjadi Bupati defenitif hasil Pilkada Mubar 2017. Kala itu Rajiun duel dengan Iksan, Putra kandung Ridwan Bae (Anggota DPR-RI).

Wilayah yang dahulu sulit dijangkau pembangunan infrastruktur, akhirnya banyak mengalami kemajuan dibawah kepemimpinan Rajiun Tumada, Demikian latar belakang singkat.

Saat ini Muna Barat dipimpin oleh Dr. Bahri sebagai PJ yang sebentar lagi akan memimpin upacara HUT Mubar yang ke 8 untuk Pertama kalinya. Bahri diutus oleh Kemendagri Tito Karnafian. Sebelum 23 Juli nanti, sejumlah tokoh dan seluruh pejuang mekarnya Muna barat akan menyelenggarakan pertemuan dalam forum diskusi bertemakan "Bedah Naskah Mekarnya Muna Barat"

Agenda dimaksud dipelopori oleh La Ode Andi Muna mantan Kepala Dinas KesbangPol Muna Barat yang juga sebagai Tokoh Pemekaran lahirnya Muna Barat sebagai Daerah Otonomi.

Kegiatan akan berlangsung di Gedung Islamic Center Desa Warondo Kec. Sawerigadi Kab. Muna Barat yaitu hari ini 2 Juli 2022. Dalam penyampaiannya dihadapan media ini, Andi Muna menjelaskan bahwa agenda ini bertujuan agar Mekarnya Muna Barat harus terus dikenang dan akan tertuang dalam naskah yang akan dibacakan pada tiap peringatan HUT.

Inilah pentingnya mengapa forum diskusi ini diadakan, yaitu agar para pejuang tidak hanya dikenal dari cerita ke cerita yang tidak tertulis. Hal itu dapat berdampak pada tidak diakuinya digenerasi generasi mendatang. 

Atau boleh jadi munculnya pejuang dakdakan, muncul setelah pemekaran terbentuk. Inilah yang kita antisipasi ungkap Andi Muna pada Jumat 1 Juli 2022 dikediaman pribadinya.

Saya sudah susun agenda acaranya dan undangan sudah menyebar, mereka adalah tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Kegiatan akan berlangsung mulai 2 Juli 2022 sampai selesai.



Posting Komentar

0 Komentar